PMI Bojonegoro Ngamen Darah

20.56.00




Pada bulan Ramadhan, stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) biasanya akan menipis karena kekurangan pendonor. Stok darah di PMI Bojonegoro sendiri pada hari pertama bulan puasa masih terpantau aman. Darah yang ada di UDD masih cukup untuk persediaan selama tiga hari kedepan.
Peminat donor darah di bulan Ramadhan tak sebanyak di bulan lain. Alasan malas keluar, takut lemas, takut pingsan, takut sakit, bahkan takut membatalkan puasa kerap kali dilontarkan orang jika diminta berdonor. Padahal, donor darah diketahui memiliki banyak manfaat, antara lain dapat membuat tubuh lebih bugar lantaran tubuh selalu bisa memproduksi darah baru. Bahkan, sekalipun dilakukan saat sedang berpuasa, donor darah tetap memberikan manfaat yang sama.
“Persediaan Darah selama bulan Ramadhan ini masih stabil dan masih cukup untuk tiga hari kedepan”Kata Koordinator Donor PMI Cab.Bojonegoro Ali Safa’at di Alun-Alun Bojonegoro, Sabtu (20/07/2013)
Untuk menyiasati hal itu, UDD PMI Bojonegoro bersama PDDI Melakukan Ngamen Darah setiap hari selama ramadhan dari pukul 05 sore hingga malam hari didepan Alun-alun Bojonegoro. Acara Ngamen ini sudah dimulai dari awal puasa kemarin. Selain itu PMI juga sudah mengirimkan surat ke Gereja dan Masjid yang isinya adalah himbauan bahwa PMI Melayani Donor Darah Siang Malam di bulan Ramadhan. Jadi yang Muslim bisa donor saat malam hari jika takut lemas bila melakukannya pada siang hari.
“Perolehan Darah dengan cara Ngamen ini cukup bagus melebihi perolehan di kantor, di kantor biasannya kita dapat tidak sampai 10 kantong kalau disini bisa mencapai 20 kantong rata-rata setiap harinnya,Terang Ali Safa’at.
Ali Safa’at juga menghimbau kepada keluarga pasien hendaknya bila ada pasien yang membutuhkan 4 Kantong Darah, sebaiknya keluaga menyediakan pendonor dari keluarga itu dua orang jadi bisa saling menutupi. Perputaran Darahnya itu tidak sampai habis.
Selain itu, UDD PMI Cab.Bojonegoro dan PDDI Juga melakukan kerjasama dengan Suporter Bola, Club Motor, dan berbagai media sosial lainnya yang sering mengadakan event dibulan ramadhan. Seperti kemarin PMI Cab.Bojonegoro juga membuka posko donor di depan terminal Rajekwesi Bojonegoro yang sedang ada acara kumpul bersama semua jenis club motor dan pembagian takjil gratis. Dengan ini diharapkan PMI Bojonegoro tidak akan kekurangan stok Darah selama bulan Ramadhan.

You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung di Blog novawijaya.com jangan lupa meninggalkan jejak kamu disini ya :) Happy Blogging

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Community

Blogger Bojonegoro

Member Of

Emak2 Blogger