PIK-R RELAWAN PMI SMART

20.01.00



Palang Merah Indonesia ( PMI ) Kabupaten  Bojonegoro bekerja sama dengan Badan Pemberdayaan Perempuan Dan Keluarga Berencana, membentuk pusat informasi dan konseling remaja (PIK) yang bertugas melakukan sosialisasi pencegahan pernikahan dini, sabtu ( 21/09 ).



Sekertaris Umum PMI Kabupaten Bojonegoro didampingi Kepala Bidang KB BPPKB Bojonegoro Muslih, mengatakan usaha pembentukan PIK dilakukan dengan merekrut 22 anggota Relawan PMI Se-kabupaten Bojonegoro yang usianya berkisar 19-24 Tahun.

Para Relawan mendapatkan materi  dan sekaligus pembentukan pengurus  PIK-R PMI Bojonegoro.
sementara nama dari PIK-R PMI Bojonegoro sendiri  adalah PIK-R Relawan PMI SMART
SMART Disini adalah singkatan dari
(SANTUN,MANDIRI,AKTIF,RELIGIOUS DAN TERAMPIL).

setelah pembentukan ini mereka bertugas melakukan sosialisasi kepada remaja lainnya mengenai berbagai masalah, mulai bahaya narkoba, bahaya HIV, sex bebas, hamil di luar nikah juga yang lainnya berkaitan dengan masalah remaja.

"Di pedesaan Bojonegoro banyak orang tua yang mengawinkan anak perempuannya yang usianya berkisar 14-20 tahun karena khawatir anaknya kalau terlalu tua tidak laku," tandasnya.

"Sesuai laporan BPPKB Jatim untuk perkawinan remaja dengan usia berkisar 14-20 tahun di Bojonegoro cukup tinggi dibandingkan dengan daerah lainnya di Jatim," ujarnya.

Ia mengaku pernah melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) mengenai masih tingginya perkawinan usia dini di daerahnya.

Namun, katanya, Kemenag tidak bisa mencegah atau melarang, sebab di dalam ketentuan yang ada anak berusia 14-20 tahun bisa dinikahkan.

"Yang jelas pencegahan perwakinan usia dini juga bertujuan untuk mencegah terjadinya ledakan penduduk," ucapnya.

Setelah Pembentukan siang tadi  PIK-R Relawan PMI SMART sore ini  Langsung mengudara di sebuah Radio swasta Bojonegoro untuk menjelaskan Program kerja 2 Tahun kedepannya.

"Kelompok ini merupakan yang pertama di tingkat Kabupaten," kata bidang KB BPPKB Kabupaten Bojonegoro, Siti Urifaturosiyah. Dijelaskan dalam sebuah komentar disiaran sore tadi, PIK-R ini mensinergikan kegiatan-kegiatan yang sama antara PMI dengan BPPKB, yakni sama-sama melakukan pembinaan remaja di Kabupaten Bojonegoro serta bersama-sama menekan laju penyimpangan remaja.




Ditambahkan, kegiatan PIK-R yakni Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE). Serta membuat kegiatan konseling atau bimbingan. Sementara itu, Sekretaris PMI Kabupaten Bojonegoro, Sukohawidodo menyambut baik kegiatan tersebut. "Program PMI dengan BPPKB sama, setelah dilatih para relawan akan diterjunkan kekelompok-kelompoknya," pungkasnya.


You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung di Blog novawijaya.com jangan lupa meninggalkan jejak kamu disini ya :) Happy Blogging

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Community

Blogger Bojonegoro

Member Of

Emak2 Blogger