Melek IT | Bojonegoro Menuju Masyarakat Digital

16.27.00


Setelah ditandatanginya MoU antara Pemkab Bojonegoro dan Telkom pada 18 Oktober 2013 lalu, Kali ini Telkom benar-benar menunjukkan Konsistennya untuk mewujudkan Bojonegoro menjadi Kota Digital Society. Selain membangun 1000 titik WIFI yang tersebar sampai kepelosok daerah  Bojonegoro. Telkom juga memberikan bantuan kepada 4 Kecamatan sasaran program Cyber Extention. Yakni, Kec. Kedungadem, Kec. Padangan. Kec. Kalitidu ( Ngringinrejo ) , dan Kec. Tambak Rejo ( Napis ) berupa 10 Unit komputer lengkap dimasing-masing daerah sasaran beserta AC dan LCD proyektor.

Diharapkan dengan bantuan BLC Telkom tersebut, masyarakat bisa lebih gampang belajar dan mengakses Internet. BLC atau Broadband Learning Center adalah kegiatan pembelajaran Internet yang bertempat di masing-masing BLC. Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan teknologi untuk kehidupan sehari-hari dengan cepat,terjangkau dan tepat guna.
Broadband Learning Center merupakan media dan sarana pendukung untuk mempelajari dunia internet ataupun mempelajari tenteng dunia teknologi dan informasi yang berguna bagi mereka. Kegiatan ini mencakup semua lapisan masyarakat baik dari dinas,instansi,guru,sekolah, siswa, komunitas ataupun masyarakat umum lainya.




Dalam mewujudkan itu semua, Telkom dan juga Pemkab menggandeng Relawan TIK dan juga Blogger Bojonegoro untuk mengoprasionalkan BLC yang disediakan Telkom tersebut. Salah satunya dengan melakukan pelatihan / pendampingan di masing-masing BLC kurang lebihnya 3-6 bulan sampai masyarakat benar-benar  bisa ditinggal dan Go Online. Setidaknya sudah mempunyai Blog / Website dan bisa mengoprasionalkannya sendiri, sehingga masyarakat mampu mempromosikan dagangan atau hasil pertanian dan peternakan yang mereka miliki.


Salah satunya juga untuk mendukung Bojonegoro menjadi Lumbung Pangan & Energi Negeri. Terlebih 4 Kecamatan yang yang menjadi sasaran utama penempatan BLC tersebut adalah daerah Centra Produksi Pangan. Seperti Kec. Kedungadem di Desa Duwel adalah daerah Centra Bawang Merah, Kec. Kalitidu di Desa Ngringinrejo dengan Belimbingnya, di Kec. Tambakrejo Desa Napis adalah daerah Produksi ternak Sapi & Kambing  dan yang terakhir ada di Kec. Padangan dengan Rumah Inovasi, Penghasil Petanian Padi di daerah Bojonegoro.

Atas dorongan dari Kang Yoto, Bupati Bojonegoro yang luar biasa bersama jajaran team pemkab Bojonegoro untuk mewujudkan Bojonegoro Digital Society dan menjadi Lumbung Pangan dan Energi Negeri, dengan caranya menggandeng semua lapisan masyarakat dan komunitas yang ada di Bojonegoro. Daerah yang pernah dinyatakan sebagai daerah termiskin di beberapa waktu silam akan berubah menjadi daerah yang lebih maju dalam sektor pemerintahan dan masyarakatnya.  Dengan Optimisnya mewujudkan  Bojonegoro menjadi Lumbung Pangan dan Energi Negeri. Dengan masyarakat Digital yang melek IT sehingga tidak pernah tertinggal Informasi-informasi terbaru tentang perkembangan Negeri. “Dari Bojonegoro Untuk Indonesia”.

You Might Also Like

1 komentar

  1. kalo gue liat kayaknya akses internet itu udah banyak dan gampang ditemui di Bojonegoro. Tapi, anak mudanya terutama orang tua masih banyak yang belum tau bagaimana cara memanfaatkan internet itu secara baik. dari sosial media, kita bisa mempromosikan potensi daerah kita :)

    Semoga Bojonegoro makin maju ya. saat gue pulang kesana semoga sudah jadi kota yang keren. Matoh!

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung di Blog novawijaya.com jangan lupa meninggalkan jejak kamu disini ya :) Happy Blogging

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Community

Blogger Bojonegoro

Member Of

Emak2 Blogger