Para Pengajar GoBLog | One Teacher One Blog

11.41.00

One Teacher One Blog. Dalam perkembangannya, Dunia Pendidikan di Indonesia telah banyak mengalami perubahan Kurikulum. Dari penerapan kurikulum yang proses belajar mengajarnya berpusat pada guru, sampai dengan kurikulum yang proses belajar mengajarnya lebih berpusat pada siswa. Hal ini terjadi karena  pemerintah ingin menerapakn suatu sistem pendidikan yang  dapat meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh setiap siswa. Saat ini pemerintah telah menerapkan suatu sistem pendidikan yang menggunakan kurikulum yang dikenal sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dimana penerapan kurikulum ini diharapkan dapat memberikan kebebasan pada guru untuk merencanakan pembelajaran sesuai dengan lingkungan dan kondisi siswa serta kondisi sekolah berada. Hal tersebut menuntut siswa untuk mencari informasi dan materi-materi pelajaran seluas mungkin.




Sayangnya, sumber ilmu pengetahuan yang para guru dan siswa miliki untuk menunjang proses pembelajarannya relatif sedikit. Buku-buku teks pelajaran yang dimiliki oleh sekolah jumlahnya pun terbatas. Maka dari itu untuk mendukung kegiatan tersebut maka diperlukan suatu media belajar yang dapat dipergunakan siswa untuk  mencari suatu sumber belajar agar kurikulum yang telah ditetapkan ataupun diberlakukan  dapat terealisasi dengan baik.

Salah satunya bisa menggunakan Media E-Learning. Apa itu E-Learning??  E-Learning sering diartikan dengan pembelajaran dengan memanfatkan media elektronik, yakni internet. E-learning yang paling sederhana adalah dengan pembuatan blog, di mana seorang guru menata sedemikian rupa sehingga materi, soal, dan lain sebagainya untuk bisa diakses oleh siswa dari jarak jauh. Banyak orang menyebutnya dengan istilah web based learning. Seorang guru dapat membuat web atau katakanlah blog pribadi yang kemudian dimanfaatkan sebagai media pembelajaran bagi anak didiknya.

Dengan membuat blog, lalu mengisinya dengan konten-konten pembelajaran, lalu mengajak para siswa untuk melakukan pengayaan sumber belajar dari sana merupakan salah satu cara agar seorang guru mengenalkan dunia internet untuk ilmu pengetahuan. Bahwa internet itu bukan hanya Facebook, bukan hanya Youtube, bukan hanya berisi gambar dan video porno. Ini penting. Kalau toh kenyataannya siswa sudah kadung akrab dengan Facebook dan Youtube, kita bisa mengawinkan blog dengan dua situs terkenal itu.

Waktu terus berjalan dan teknologi akan terus dan terus berkembang. Tidak seorang pun yang bisa menghentikan laju perkembangan teknologi. Karenanya metode pembelajaran yang digunakan seorang guru mestilah tidak melulu terpaku pada metode klasikal. Anak-anak remaja sekarang, yang digolongkan sebagai generasi Z atau digital native sangat membutuhkan pendampingan agar tidak “sesat” dalam memanfaatkan teknologi.

Untuk itu Blogger Bojonegoro berencana untuk membuat program One Teacher One Blog. Sesuai dengan Komitmen Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dengan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk ( Telkom ) untuk mendigitalisasikan Kota Bojonegoro. Untuk mencapai Bojonegoro Digital Society tentunya bukan perkara yang gampang. Karena itu semua lapisan masyarakat harus sudah Melek IT yang semakin dekat dengan mereka. Salah satunya di lingkup Dinas Pendidikan yang pemanfaatannya bakal lebih terasa untuk kemajuan pembelajaran.


You Might Also Like

1 komentar

  1. Sy sngat antusias dg tulisan anda, ijin share ya, biar ilmunya lbih bermanfaat, dn nama anda tetep kami cantumkan sbgai writter-nya... semangat membangun..

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung di Blog novawijaya.com jangan lupa meninggalkan jejak kamu disini ya :) Happy Blogging

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Community

Blogger Bojonegoro

Member Of

Emak2 Blogger