Pesan Dari Samudra | Pengurangan Risiko Bencana - By Miles - PMI

11.54.00

Banyak wilayah di Indonesia merupakan daerah yang rawan bencana khususnya gempa bumi, bahkan berpotensi tsunami. Fakta ini mendorong berbagai organisasi kemanusiaan terdorong untuk selalu memberi pembelajaran kepada masyarakat tentang cara-cara menyelamatkan diri dan keluarga mereka saat terjadi bencana tersebut. Mengingat luasnya wilayah geografis Indonesia, dan rentannya posisi Indonesia yang berada dalam Ring of Fire (wilayah cincin api), maka penyampaian pesan tentang pengurangan risiko bencana menjadi hal yang sangat penting. Media TV cukup mempunyai jangkauan yang luas untuk menyebarkan informasi tersebut.

Palang Merah Indonesia (PMI) didukung oleh Australian Red Cross (ARC) telah terlibat dalam berbagai kegiatan kesiapsiagaan bencana sejak tahun 2004. Salah satu kegiatan kesiapsiagaan bencana terkini adalah pembuatan Film TV dengan pesan kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami berjudul “Pesan dari Samudra”. Film ini didanai oleh Australia-Indonesia Facility for Disaster Reduction (AIFDR).

“Indonesia adalah negeri rawan bencana. Melalui film ini, kami berusaha memberitahu kepada masyarakat pentingnya untuk melakukan upaya pengurangan risiko bencana,” kata Sekretaris Jenderal PMI Budi A. Adiputro

Film TV Pesan dari Samudra akan diproduksi oleh Miles Films dengan Mira Lesmana sebagai produser dan Riri Riza sebagai sutradara serta dibintangi oleh Lukman Sardi (berperan sebagai Sakti), Putri Ayudya (Nara), dan Bintang Panglima (Samudra). Film bercerita tentang pertemuan keluarga yang terpisah antara Kota Jakarta dan Kabupaten Sikka di NTT. Mereka terpisah akibat bencana gempa dan tsunami yang melanda wilayah tersebut.

“Kami telah duduk bersama PMI dan Palang Merah Australia untuk membicarakan sebuah film mengenai bencana. Kami sadar bahwa banyak sekali masyarakat Indonesia yang hidup di daerah rawan bencana, tapi tidak terlalu tahu mengenai masalah ini. Melalui film ini, kami berusaha memberi pesan tersebut melalui cerita film,” jelas Produser Mira Lesmana.

Film TV berdurasi 86 menit ini rencananya akan ditayangkan secara nasional di Metro TV dan ditampilkan tepat di peringatan ke-8 tahun tsunami Aceh pada 26 Desember 2012. Diharapkan penayangan FTV Pesan dari Samudra akan menjangkau 11.500.000 penonton (5% dari total populasi). Miles Films telah mempresentasikan naskah film kepada pihak PMI dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP) awal Juni 2012 dan memilih Kecamatan Larantuka di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang rawan tsunami sebagai lokasi yang tepat untuk syuting.

“Shooting akan banyak dilakukan di daerah Ranatua, Flores Timur, NTT sebagai wilayah yang rentan gempa dan berpotensi tsunami. Pesan dari Samudra memiliki 2 pesan, yaitu pesan dari alam (samudra) dimana Indonesia adalah negeri lautan yang cantik tapi juga berisiko. Kedua, pesan dari Samudra yang merupakan salah satu nama tokoh film,” jelas Riri Riza selaku Sutradara.

Dengan ditayangkannya FTV Pesan dari Samudra ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana secara tepat dan pengetahuan tentang kesiapsiagaan bencana. Kejadian bencana pada film ini akan memberikan pengetahuan mengenai Early Warning System (EWS) yang diterapkan oleh masyarakat sebagai kearifan lokal, disamping apa yang bisa dilakukan pihak-pihak yang berwenang seperti pemerintah, PMI dan organisasi lainnya.

Untuk mengetahui seberapa besar pesan film ini tersampaikan, PMI dan ARC membuat survey tentang Pengetahuan, Sikap dan Perilaku (Knowledge, Attitude and Practice Suvery/KAP Survey) ke masyarakat untuk mengetahui adanya peningkatan pengetahuan mereka akan kesiapsiagaan bencana dan tanggap dalam bencana gempa bumi dan tsunami.

CC : INDONESIAN RED CROSS

Bisa Download Filmnya Disini : Film Pesan Dari Samudra

You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung di Blog novawijaya.com jangan lupa meninggalkan jejak kamu disini ya :) Happy Blogging

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Community

Blogger Bojonegoro

Member Of

Emak2 Blogger