Kelas Inspirasi, Think Big Start Small And Act Now

19.46.00


 Bagi saya, salah satu kesempatan yang paling berarti yang bisa didapatkan oleh setiap orang selama hidupnya adalah kesempatan untuk belajar dan kesempatan untuk memberi kepada orang lain. 

Sebetulnya keduanya merupakan suatu hal yang saling berhubungan timbal-balik satu sama lain. Saya sendiri akhir-akhir ini selalu berusaha memandang setiap kejadian di hidup saya sebagai hal baru yang senantiasa memberikan sesuatu untuk dipelajari, untuk kemudian kita bagikan lagi, untuk kita berikan lagi kepada orang lain. 

Dan salah satu wujud pemberian yang saya rasa paling bermakna dan akan terus terasa dampaknya bagi orang yang menerima adalah memberikan inspirasi ( Join Kelas Inspirasi Bojonegoro ).

Sesuatu yang mampu menginspirasi, berarti mampu memberikan suatu pandangan baru bagi orang lain, kemungkinan pula mampu menggerakkan orang lain dan mampu membuat orang lain berbuat sesuatu. 

Bahkan pada titik-titik tertentu, sebuah inspirasi dapat mendorong seseorang untuk memulai suatu perubahan ke arah yang lebih baik bagi banyak orang. Memberikan inspirasi beda halnya dengan memberikan suatu hal yang sifatnya tangible. 

Tanpa mengecilkan arti benda-benda yang sifatnya tangible, inspirasi merupakan suatu pemberian yang cenderung memiliki pengaruh yang kuat, tahan lama, serta dapat ditularkan. Ini semata-mata pendapat saya berdasarkan hasil pengalaman semata, belum ada data yang mendukungnya.

Saya seringkali terinspirasi oleh orang-orang yang memperjuangkan tujuannya, orang-orang yang berjuang atas apa yang mereka inginkan. Those are the people who earn what they want or what they need. 

Bagi saya, inspirasi bisa datang dari mana saja dan siapa pun bisa menjadi sumber inspirasi bagi orang-orang di sekitarnya. 

Inspirasi itu hidup dan memberi hidup bagi orang apalagi anak-anak  yang bisa membagi dan menerimanya, oleh karena itu kita juga bertumbuh dengannya. 

Tergantung bagaimana kita dapat terbuka dalam menyikapinya, karena Kelas Inspirasi ini adalah golongan sukarelawan, jadi kita dituntut untuk ikhlas menjalaninya. 

Sangat baik apabila inspirasi dapat ditanggapi dengan tidak berdiam diri, dan justru membuat kita tertantang menjadi orang-orang yang kemudian dapat mengelurkan inspirasi-inspirasi selanjutnya.

Membuat orang lain terkesan, dalam hal ini anak-anak Sekolah Dasar dengan suatu pencapaian yang kita kemukakan mungkin merupakan suatu hal yang hebat, namun mampu membuat mereka terinspirasi untuk kemudian mau berpikir lebih lanjut dan melahirkan pencapaian-pencapaian baru    (yang mengantarkan pada perubahan konkret) dari pencapaian yang semula kita kemukakan adalah suatu tantangan besar.

Menyaksikan sendiri semangat dari teman-teman relawan Kelas Inspirasi Bojonegoro 2, mulai dari panitia, pengajar, fotografer dan videografer yang rela meluangkan waktunya untuk menginspirasi anak-anak Negeri Atas Angin, daerah ujung Barat Bojonegoro yang berbatasan langsung dengan Madiun, Ngawi dan Nganjuk membuat saya terharu.

Sebelumnya saya tidak yakin dengan posisi saya sebagai koordinator, apakah saya mampu? apakah saya bisa? banyak yang lebih berpengalaman dibanding saya, apakah saya bisa menjalankan amanat ini/ itu yang selalu ada dalam fikiran saya, sampai teman-teman panitia memecahkan pemikiran saya tersebut.

Syukur tak terhingga mempunyai teman- teman panitia yang siap kapanpun diperlukan, dan siap membantu dalam kondisi apapun. Kompak dalam hal apapun, walaupun berbeda kelompok. 4 Jempol saya buat teman-teman fasilitator yang dengan suksesnya mengatur jalannya acara di sekolahnya masing-masing.

Walaupun banyak sekali kendala menuju Hari Inspirasi, tapi tak pernah mematahkan semangat teman-teman. Karena Miss Komunikasi memang masih sering sekali terjadi diantara kita, tapi dalam Hal seperti ini kita harus mempunyai plan A, B, C, D . Tetap tenang dan yakin, Allah selalu bersama orang-orang baik :)

Walaupun di surat pernyataan mereka menyatakan untuk cuti Satu hari, akan tetapi karena lokasi yang lumayan jauh dengan kondisi jalan yang cukup ekstream mengharuskan kita untuk bermalam disana, setelah memperoleh izin, kami putuskan untuk menginap di SDN Sekar 1, Salah satu tempat Hari Inspirasi waktu itu.

Berterimakasih sekali untuk teman-teman Fotografer dan Videografer, karena tanpa mereka semua rangkaian acara ini tidak akan ada Dokumentasi yang berarti. karena merelah yang menangkap momen-momen inspiratif dan menularkan virus positif inspirasi lewat foto/video”, Karena fotografi adalah perkara melihat,berfikir & merasakan hihi.

KARENA MENGINSPIRASI ADALAH CANDU #JABATERAT

You Might Also Like

1 komentar

  1. Bisa punya gambaran gimana nantinya pas hari Inspirasi itu tiba. Deg-deg ser rasanyahh hee

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung di Blog novawijaya.com jangan lupa meninggalkan jejak kamu disini ya :) Happy Blogging

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Community

Blogger Bojonegoro

Member Of

Emak2 Blogger