Wujudkan Bojonegoro Bersinar dimulai dari Rumah dan Lingkungan Sekitar

21.15.00

Bojonegoro adalah daerah yang mempunyai alam dan lingkungan yang indah dan asri. Tetapi Banyak juga masyarakat yang tidak peduli dengan lingkungan di sekitar mereka. Alam ciptaan tuhan yang indah ini diciptakan untuk kita rawat dan kita jaga. Maka dari itu kita harus merawatnya. Merawat lingkungan ini adalah cara untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih. Terutama untuk kenyamanan hidup.

Adapun upaya yang bisa kita lakukan untuk merawat lingkungan sekitar kita supaya tetap bersih adalah sebagai berikut :

Membuang sampah pada tempatnya.

Seharusnya kita tidak membuang sampah di mana-mana. Contohnya di jalan, di sungai, di selokan, dan sebagainya. Bojonegoro sebagai daerah yang dikelilingi sungai-sungai terutama sungai terpanjang di pulau jawa ( Bengawan Solo ) harus bisa menjaga kebersihan sungai-sungai tersebut. Jangan membuang limbah dan sampah di sungai. Karena jika kita mambuang sampah di sungai hasilnya sungai menjadi kotor, bau, dan keruh. Jika sampah itu mengumpul di sungai itu akan mengakibatkan ikan-ikan mati. Terutama pada benih-benih ikan. Dan sungai yang seperti itu akan mengakibatkan banyaknya sarang nyamuk. Dan munculnya berbagai penyakit contohnya demam berdarah dan menganggu pernapasan.
Selain itu, kita bisa membuat air dan sumber resapan air tetap bersih dan sehat sehingga layak dikonsumsi. 

Pembersihan selokan.

Kita harus selalu membersihkan selokan agar tidak terjadi penumpukan sampah dan mengakibatkan banjir ketika hujan turun nantinya. Kalau kita membersihkan selokan itu berarti kita bisa menghindari munculnya sarang nyamuk, kotor, dan bau.
Pembersihan Lingkungan

Nah, agar lingkungan sekitar kita terawat dan sehat. Buatlah jadwal rutin untuk melakuan aktivitas pembersihan lingkungan secara terjadwal. Melalui jadwal, maka kita akan membiasakan diri disiplin menjaga kebersihan lingkungan. Lingkungan yang sehat dan bersih cara utama untuk kenyamanan hidup. Lingkungan yang bersih dan sehat membuat hidup kita pun bersih. Dan hal ini seharusnya dijadikan sebagai sebuah kebiasaan hidup. Bukan lagi sebagai hal yang hanya dilakukan sesekali namun haruslah dijadwal atau diagendakan secara rutin.

Lingkungan Indah dambaan setiap orang

Lingkungan yang indah adalah dambaan setiap manusia , dan alam yang tertata asri , bersih, rapi, tertib, sejuk, dan rindang. Apalagi di Bojonegoro masih jauh sekali dengan polusi udara, karena masih banyak tumbuhan hijau yang tertanam di setiap sudutnya. Apa sih yang dapat kita lakukan agar lingkungan hidup di sekitar kita terjaga agar tetap indah??

Memaksimalkan lahan yang ada untuk bercocok tanam

Selain menanam beragam jenis tanaman, saya belajar menerapkan ‘urban farming’, dengan menanam tanaman yang mudah perawatannya seperti ketela, tomat, cabe, bayam yang sering sekali dibuat untuk masakan, bisa juga untuk ngirit ongkos belanja. Dan sudah beberapa kali di panen untuk konsumsi sendiri dan tetangga.


Yukkk jadikan lingkungan kita Sehat dari pencemaran dan penyakit, caranya mudah dan gampang kog, cuma butuh kesadaran dari diri kita sendiri untuk melakukannya.

Yang paling penting adalah menyediakan selalu tempat sampah di tempat-tempat tertentu, misalnya di dapur, daerah yang paling rawan kumuh bagi seorang perempuan. Untuk tempat-tempat tertentu, misalnya ruang tamu, sediakan tempat khusus sampah kering. Dengan menyediakan tempat sampah pada rumah kita atau pun di dapur maka hal ini akan memberikan kita kemudahan dalam proses pembuangan sampah.

Selain memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam proses pembuangan, kita juga dapat memberikan tempat yang berbeda. Misalnya sebelah kiri satu tempat sampah basah dan satu lagi disebelah kanan untuk kondisi sampah kering. Karena jika dua jenis sampah yang berbeda ini dikempulkan pada satu tempat sampah yang sama maka akan membuat kondisi yang tidak nyaman.

Kita juga harus membuang sampah dengan jadwal tertentu, misalnya ketika tempat sampah sudah penuh atau setiap pagi hari. Karena sampah jika dibiarkan menumpuk di tempat sampah dan tak segera dibuang ke tempat pembuangan maka akan memunculkan bau yang tidak sedap dan akan menganggu dari suasana nyaman yang ada di dalam rumah kita. Tentu kita tak akan menyukai jika setiap kita masuk ke dalam rumah, misalnya dapur, kita selalu mencium bau yang tak sedap. Untuk itu, kita harus rajin membuang sampah yang ada di dalam keranjang sampah di dalam rumah kita terutama yang ada di dapur.

Serangga misalnya lalat memang sangat dekat dengan yang namanya sampah. Oleh karena itu kita harus lebih perhatian kepada sampah kita. Supaya rumah kita tetap sehat, bersih dan nyaman untuk ditinggali, yang paling penting adalah jangan sampai serangga pembawa penyakit itu menyebar di rumah kita.

Lalu, lingkungan luar rumah, anda bisa mengatur jadwal untuk minimal seminggu sekali untuk membersihkan halaman rumah terutama teras rumah. Membersihkan rumpu-rumput liar yang menganggu tanaman-tanaman kita, memangkas tanaman yang sudah rimbun dan membersihkan selokan / Got agar tidak menjadi sarang penyakit.
Aturlah tanaman di pekarangan rumah agar tidak terlalu rimbun dan tidak terlalu banyak. Tanamlah tanaman-tanaman yang berguna di pekarangan rumah kita, dan biarkan angin segar masuk dari fentilasi-fentilasi rumah kita, insyaallah ketika semua itu sudah dijalankan rumah kita akan selalu terlihat bersih dan sehat, dan dijauhkan dari penyakit.

Tatalah lingkungan sekitar kita agar tetap rapi dan enak dipandang, ajak tetangga-tetangga kita, keluarga kita untuk sama-sama menata dan menjaga lingkungan sekitar kita. Seperti warga Rt. 13 Rw. 02 Desa Kedungadem misalnya, dari pos penjagaan hingga pekarangan-pekarangan rumah semua tertata dengan rapi, bahkan mereka memanfaatkan sisa-sisa lahan untuk bercocok tanam, salah satuya sayur-sayuran dan juga buah-buahan yang bisa untuk di konsumsi, mereka juga memanfaatkan sampah untuk dijadikan kompos agar lingkungan mereka tetap subur. 




Kita juga harus ikut menggugah kesadaran tetangga-tetangga kita untuk ikut menjaga lingkungan. Sehingga bisa tercipta lingkungan Bersinar ( Bersih, Indah, Sehat , Rapi ) sehingga anak cucu kita kelak tetap menikmati indahnya alam yang bersih nan indah ini.

AYO IKUT WUJUDKAN BOJONEGORO BERSINAR DIMULAI DARI RUMAH DAN LINGKUNGAN SEKITAR KITA.


You Might Also Like

26 komentar

  1. nova keren tulisannya,,praktis,persuasif (ampun ne tulisan buat motivasiorang ),jadi bikin kita tergerak buat pduli sama lingkungan sekitar kita,solvable gak cuma wacana
    ,jangan pernah berhenti menulis..,keep it up..:-)

    BalasHapus
  2. hehe thankq udah berkunjung di blognya nova kak, semoga bener2 memotivasi dan juga bisa selalu mengingatkan nova pribadi untuk terus menjaga lingkungan ^_^

    BalasHapus
  3. Mau ngajakin kemana chayo-chayo rid?

    BalasHapus
  4. Artikelnya lengkap sekali mbak Nova, itu kedungadem yang depannya vicna itu ya? maklum orang kedungadem tapi jarang pulang hehe. Sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak siska, itu depannya vicna, makasih ya mbak udah mampir :D

      Hapus
    2. Itu memang daerahnya bagus ya mbak. rapi banget penataan ruangnya. Hampir semua warga situ udah sadar sama lingkungan. Nggak kaya Desa saya

      Hapus
    3. awal lo kalau dibaca kepala Desanya nova nggak tanggung jawab haha becanda. Salam buat bapak mantan kepala sekolahku dulu ya mbak ( Baca bapaknya mbak siska ) hoho

      Hapus
  5. Yuhuuuuu, keren bingits ini maaah... :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya mak, bloknya emak jg keren bingitss

      Hapus
  6. nah yg begini nih, keren tebarkan semangat mu wahai anak muda... : )

    BalasHapus
  7. Terimakasih mak semangatnya, emak juga keren ^_^

    BalasHapus
  8. Bagus dan komplit ulasannya, semoga menang yaaa :D

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. aamiin makasih makk udah mampir ^_^

      Hapus
  10. Keren, Mbak...!!
    bs jd inspirasi n pnyemangat utk yg muda2.. #SalamInspirasi #Matoh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. #SalamInspirasi nya nggak pernah ketinggalan hihi makasih mas ^_^

      Hapus
  11. Balasan
    1. Mas asline aq ape njaluk tulung fotone sampeyan tapi ga sido heuheu

      Hapus
  12. Yang pasti kalau lingkungan bersih, terawat dan masing-masing warga rajin menjaga lingkungan sekitar bukan tidak mungkin Bojonegoro mendapat piala adipura. Wah tulisannya keren nih, lengkap. Sukses ya Nov, semoga menang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih ya bu yuni, hihi bu yuni yang udah langganan menang lomba blog ^_^ terimakasih sudah mampir

      Hapus
  13. Bojonegoro itu juga Bersinar ya slogannya, sama kayak kotaku berarti :D Klaten Bersinar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ini sebuah program dari kota2 dan kabupaten di Indonesia mas hehe

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung di Blog novawijaya.com jangan lupa meninggalkan jejak kamu disini ya :) Happy Blogging

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Community

Blogger Bojonegoro

Member Of

Emak2 Blogger