Inspirasi Sederhana, Belum Ada Inspirasi Buat Nulis

20.27.00


“Belum ada inspirasi buat nulis” ya itu adalah kata-kata yang sering keluar ketika fikiran ini belum menemukan ide buat tema menulis, apalagi bagi seorang blogger yang mencoba untuk konsisten menulis minimal satu hari satu postingan di Blognya seperti saya.

Kenapa tema itu dirasa menjadi hal yang sangat penting dalam tulisan? Karena tanpa ada satu tema  kita tidak akan tahu kemana arah tujuan tulisan kita. Kadang juga sudah menemukan satu tema tapi ternyata ada tema lain difikiran kita yang dirasa lebih kuat untuk diposting.

Lalu kenapa bisa dititik tertentu kita hanya memikirkan inspirasi dan inspirasi untuk tulisan kita, padahal inspirasi itu sederhana, status yang kamu ganti setiap saat itupun bisa menjadi sebuah inspirasi tema untuk postingan blog kamu.

Dari mana kita bisa mendapatkan inspirasi?

-    Bangun Tidur
-    Nonton TV
-    Check Timeline Twitter
-    Status Facebook
-    PM BBM
-    Ketika Jalan
-    Ketika Merenung
-    Dan bisa dari berbagai sumber

Saya paling banyak mendapatkan inspirasi tema tulisan dari Timeline Twitter, setiap kali ada yang posting atau bikin status ga jelas biasanya saya copy dan saya pindahkan ke notepad. Status sederhana tersebut bisa saya jabarkan dan bisa menjadi sebuah tulisan yang nangkring di blog saya.


Tetapi berbeda dengan hari ini, entah kenapa dari pagi tadi otak rasanya begitu berat, bahkan baca postingan dan status yang lewat di timeline twitter juga malah rasanya berputar-putar. Alhasil jadinya sering gonta-ganti status di BBM ( Blackberry messenger ).

Tiba-tiba saja salah satu status saya dibalas sama pak Anjarisme

Anjarisme : Rajin banget update status BBM

Saya : Lagi muter-muter BBM Terus pak :D

Anjarisme : BBM Kog diputer? Disentuh dong…

Saya  : Begitu juga boleh :D Belum ada inspirasi buat nulis

Anjarisme : “Belum ada inspirasi buat nulis” itu adalah inspirasi buat tulisan

Saya : :o iya juga :D

Anjarisme :  Kalau sekedar posting sih kamu nulis saja : apa sih yang kamu lakukan ketika tak ada inspirasi menulis? Kamu cerita deh..Dari update status tiap menit, muter-muterin BBM, Upload gambar-gambar, isengin temen kaya gitu.

Seketika langsung manggut-manggut. Bener juga ya, apa yang kita lakuin itu sebenarnya sebuah inspirasi tapi kadang kita nggak sadar. Kita terlalu banyak memikirkan hal-hal besar sehingga kita melupakan hal kecil yang sebenarnya dari hal kecil tersebut bisa menjadi besar.

Jadi mulai sekarang, janganlah berfikiran terlalu jauh karena apa yang ada di dekat kita itu adalah sebuah inspirasi, walaupun hanya inspirasi sederhana tapi pasti ada makna yang terkandung di dalamnya. 
Semoga tetap istiqomah dalam menulis dan spesial thanks buat pak Anjarisme karena telah membuka pikiran keruh saya yang terlalu jauh dalam berfikir mengenai tema dan isi tulisan. Terimakasih untuk pembelajarannya hari ini, walaupun ini bukan kelas menulis, tapi satu pengalaman itu adalah hal yang paling berharga dari apapun.

Sebenarnya apa yang kita takutkan ketika hendak menulis? Banyak yang bilang percuma aja nulis tapi nggak ada yang baca kecuali kita sendiri. Begitulah perkataan teman-teman yang baru suka menulis di Blog, apalagi kalau di blogspot pasti kan ketahuan berapa jumlah pengunjung di tulisan kita. Tapi kita tidak usah khawatir akan hal itu. Ada yang sering bilang, tulisan itu suatu saat pasti akan menemukan pembacanya, entah satu dua yang pasti tulisan itu akan bermanfaat bagi si pembaca. Kata-kata ini dari Pak Prawoto Pembina Blogger Bojonegoro yang berprofesi sebagai Guru Bahasa Indonesia SMPN 2 Gondang yang letaknya di atas pegunungan, bisa dibilang akses kesana cukup susah.

Itulah beberapa orang hebat yang menginspirasi saya dengan kata-katanya. Sebuah kata sederhana yang dapat menginspirasi setiap pembacanya, yang pasti ada juga yang memotivasi saya untuk konsisten one day one post itu sangat memotivasi saya untuk semakin semangat ngeblog.

The Power Of Writing

You Might Also Like

23 komentar

  1. kalo aku mah biasanya ide muncul ketika jalan, atau paling nggak saat ngupil...hahaha *abaikan :)

    BalasHapus
  2. Paling susah itu kalau lagi ide tidak datang ya Mba, kalau datang sih bisa langsung nulis, apalagi melakukan kunjungan tanpa melakukan spamer tentunya ya..... he,, he, he,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya mas indra betul sekali :D

      Hapus
  3. Sejujurnya aku juga sekarang ini sedang blogger's block. Halah.

    BalasHapus
  4. yang sulit sebenarnya bukan idenya, tapi bagaimana nulisnya sebab biasanya jika sudah muncul satu ide akan muncul ide lain lagi dan akhirnya kebanyak ide. Masalahnya jadi bingung mau menuangkan ide yang numpuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha makanya kita harus milih salah satu ide yang dirasa kuat mas :D

      Hapus
  5. Inspirasi kadang muncul di saat tak terduga, makanya saya selalu bawa notebook kecil buat mencatat inspirasi yang datang secara tiba-tiba itu. :D

    BalasHapus
  6. Pengen ahhh konsisten kayak nova ini, one day one post. Mulai dari menuliskan apa aja. Memang sebenarnya hal2 kecil di sekitar kita bisa jadi inspirasi menulis, cuma kadang kita terlalu sibuk sama ide2 besar, jadi melupakan ide2 kecil yg bisa jadi ide besar juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh, ayo mbak...semoga kita istiqomah one day one post :D

      Hapus
  7. Iya, mak.. Kepalang males kalo aku, mah, wong tiap hari nyetatus di bbm, dan yaa nulis, dan itu jan krn adanya inspirasi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, ternyata rata2 sama ya problemnya :D

      Hapus
  8. Wih iyaa.. Aku juga terinspirasi nih sama tulisan kamu :)

    BalasHapus
  9. Kalau aku seringnya dapat inspirasi nulis dari baca status teman beserta komen-komen di FB, Va. Yang jadi kendala seringnya malas atau lagi gak mood. Susah banget ngimbangi mood ini..
    Oya makasih sharingnya, Va :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bu, saya juga sering begitu..ga mood buat nulis

      Hapus
  10. Keren dah belum ada inspirasi bisa meginspirasi,
    yang ditakutkan ketika hendak menulis? apakah disukai? apa tema dan judulnya yang pas yak? apakah aku langgar aturan? apakah menang lomba? takut berhenti menulis

    BalasHapus
  11. Gw suka dapat ide nulis kalo lagi di kamar mandi :-)

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung di Blog novawijaya.com jangan lupa meninggalkan jejak kamu disini ya :) Happy Blogging

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Community

Blogger Bojonegoro

Member Of

Emak2 Blogger