Jilbab, Kewajiban Atau Fashion?

16.11.00


Dalam beberapa tahun ini, jilbab menjadi trend dikalangan remaja. Banyak komunitas hijabers bermunculan, tidak hanya memenuhi tuntutan agama, namun juga menawarkan model berhijab yang fashionable dan tidak ketinggalan zaman.

Karena tuntutan fashion inilah, para remaja ungin terlihat lebih cantik serta lebih modis tanpa melepaskan jilbabnya. Apalagi dengan model jilbab beragam sesuai dengan trend dan didukung oleh berbagai macam tutorial berhijab yang disediakan dalam bentuk video, gambar, sampai majalah fashion muslim yang memudahkan para remaja mengenakan jilbabnya sesuai degan trend yang beredar.

Demikian dengan baju, dulu baju muslim modelnya hanya begitu-begitu saja. Kini, model celana, rok. Gamis, kaftan, yang dipadu-padankan dengan rompi, blazer, atau kardigan semakin banyak macamnya.

Wanita selalu ingin terlihat cantik dan elegan dengan jilbabnya. Kebanyakan dari mereka sering mengenakan baju yang berenda / berpayet cantik pada bagian dada. Untuk memperlihatkan hiasan tersebut, jilbab dinaikkan dan dikecilkan.

Mereka juga sering mengenakan gamis dari bahan kaos atau bahan lain, yang dibagian pinggangnya terdapat karet/kolor. Jadi lekuk tubuh akan terlihat jelas. Kemudian, jilbab yang digemari karena mudah dipakai adalah bahan paris. Bahannya tipis, segala macam warna tersedia.

Namun, karena tipisnya, para pemakai jilbab paris terlihat rambutnya atau tengkuk belakangnya. Memang tidak terlihat dengan jelas, tetapi setidaknya menerawang. Jilbab punuk unta juga menjadi pilihan modis para remaja bahkan ibu-ibu, punuk unta adalah efek dari ciput inner jilbab atau dari rambut yang digulung.

Selain itu, yang tidak kita sadari atau yang kita abaikan adalah kaki, kaki juga termasuk aurat. Jadi, sebaiknya kita memakai kaos kaki. Namun, kita sering terjebak pada model sandal atau sepatu yang lebih ccocok dipakai tanpa kaos kaki.

Pertanyaannya, syar’i apakah tidak cara berbakaian muslim yang seperti itu? Syar’I atau tidah, yang menilai adalah Allah. Kita sebagai manusia cukup memperjuangkan kesyar’iannya. Yang di takutkan, kita berjilbab niatnya bukan karena Allah, namun sebagai tuntutan fashion agar tidak ketinggalan Zaman.

Kemudian, bagaimana cara berjilbab yang baik dan benar?
  1.  Niat berjilbab hanya karena Allah SWT.
  2. Jilbab yang baik adalah yang dapat menutup aurat wanita secara sempurna. Adapun yang termasuk aurat wanita adalah seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan.
  3. Memakai jilbab yang tidak transparan
  4.  Memakai jilbab yang longgar dan tidak menampakkan bentuk tubuh.
  5.  Menghindari pemakaian model jilbab kepala yang menyerupai punuk unta.
Mari kita luruskan niat, berjilbab karena Allah. Buang pikiran bahwa berjilbab untuk menarik lawan jenis atau untuk kebutuhan fashion saja.

Berjilbab merupakan kewajibaban yang telah Allah tetapkan untuk wanita muslim yang telah baligh. Maka sudah sepatutnya wanita muslim mengenakan jilbab yang sesuai dengan aturan Islam, bukan karena sedang trend, ingin eksis, atau yang lainnya. Jilbab yang dapat menutup aurat secara sempurna, terbuat dari kain besar dan tidak transparan yang menutupi lekuk tubuh kita.

Semoga kita bisa selalu Istiqomah dalam berhijab.

Semoga Bermanfaat

You Might Also Like

20 komentar

  1. Tulisan yang menarik, mba Nova. Karena, belakangan saya melihat banyak yang berjilbab tapi hanya sekedar untuk fashion saja bukan karena Allah S.W.T. Apalagi, ketika berjilbab ada beberapa yg menggunakan pakaian agak ketat. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya cowo2 kan suka :p #ehhh hehe

      Hapus
  2. Iya, sering juga melihat jilbab paris yang menerwang. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dikasih ciput sebenernya biar nggak menerawang, tapi kalau rambutnya panjang biasannya banyak yang sayang sama rambut hehe

      Hapus
  3. yup, setojoo nduk cantik..

    Amiin..
    Semoga sllu istiqomah, sama aku juga gi belajar berhijab karena dah kewajiban.Masih butuh proses untuk menjadi lebih baik, ciyeee...
    Yang penting nyaman berhijab, tetep sesuai dengan kepribadian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya makchie, wow mimpi apa dikunjungin nih :D Makasih mak

      Hapus
  4. wah mbaknya cantik juga ya ..
    tulisanya bagus juga hehe :D
    mkasih mbak buat sharing2..
    besok kalau dpat istri tak suruh buat blog ini ah , tak suruh nulis yang bermanfaat, kyak mbak nova ini hehe :D
    salam kenal mbak e
    sutopo blogger jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. aihhh do'anya loh hehe aamiin,..semoga mendapatkan istri seperti yang diinginkan ya mas ^^

      Hapus
    2. Wah, Mas Sutopo bilang masalah istri.. Saya jadi Tetarik banget buat cari istri :D Mbak mbak.. Saya Ngode nih XD

      Hapus
  5. Setuju, berjilbab karena Allah semata.
    Dan selalu istiqomah, sesuai dengan kepribadian kita :)

    BalasHapus
  6. Yups setujuuu..
    hijab itu wajib dan niatnya karena Alloh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. insha Allah semoga niat kita diterima Allah ^^

      Hapus
  7. Semoga niatnya karena Allah ya mbak Nova keep Allah in Your heart.... semoga Allah selalau kasih kita semua hidayah"nya Aaamiin.... kalo msalah fashion saya di order boleh dah hehe pizz...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin yarobbal alamin hhaha boleh2

      Hapus
  8. boro" mbak jilbab di fashion-in, susah pakenya jugakalau dimodelin hihihi. yang simple intinya dari hati :)

    BalasHapus
  9. tulisan sprti ini selalu keren.. semoga wanita muslimah sadar betul tujuan berhijab :)

    BalasHapus
  10. awalnya saya berhijab memang bukan karena niat sih,, tapi karena di lingkungan saya, banyak yang sudah berhijab, ya sudah saya juga ngikut berhijab, lama-kelamaan jadi nyaman karena orang yang berhijab rasanya lebih dihargai

    BalasHapus
  11. I Love Your Website, I Would Appreciate It For A Good Read This!!!

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung di Blog novawijaya.com jangan lupa meninggalkan jejak kamu disini ya :) Happy Blogging

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Community

Blogger Bojonegoro

Member Of

Emak2 Blogger