Cara Membuat Backlink Berkualitas Untuk Blog

20.43.00


Gambar : Google
Backlink sangat penting untuk meningkatkan Blog kita, karena SEO (search engine optimization) selalu berhubungan dengan backlink. Apa sih backlink itu? backlink atau linkback adalah tautan atau link dari sebuah website menuju website lain, dengan kata lain sebuah website memberikan rekomendasi kepada usernya untuk mengunjungi blog kita.

Lalu apa tujuan kita membangun backlink? Tujuan utamanya adalah agar blog kita lebih populer di mata search engine, contohnya Facebook.com. Website atau blog yang memiliki banyak backlink berkualitas biasanya akan mendapat perhatian khusus dari mesin pencari, dan mesin pencari akan menempatkan website/ blog tersebut di halaman utama hasil pencarian untuk kata kunci tertentu. Bagaimana cara membangun dan membuat backlinks berkualitas untuk blog kita?

Ok, berikut ini adalah beberapa cara membangun dan membuat backlinks berkualitas untuk blog atau website bisnis kita:
  1. Backlink dari blog dofollow dan relevan 
Meninggalkan komentar yang disertai link baik di bagian identitas menggunakan (name/url) maupun dengan link aktif dikomentar tetap menjadi hal yang perlu dilakukan untuk memperoleh backlink selain itu bisa juga dengan memperoleh backlink melalui artikel atau postingan blog tersebut, akan tetapi untuk mendapat backlink yang berkualitas kita harus mendapatkan backlink dari blog dofollow dan relevan atau sesuai dengan niche atau kategori blog kita. Jadi sering-sering Blogwalking yahhh

2. Melalui Situs Social Bookmarking

Ide awal situs social bookmarking adalah agar memudahkan user untuk menyimpan URL atau link dari situs yang mereka sukai agar mudah di cari ketika ingin membuka kembali. Pada perkembangannya, situs social bookmarking banyak sekali digunakan oleh pelaku SEO untuk membantu mempopulerkan sebuah halaman website di mesin pencari. Ini beberapa situs social Bookmarking dan bisa lebih banyak lagi silahaknn search di google

•    http://www.lintas.me
•    http://www.jaditerkenal.com

3.    Melalui Social Media

Sosial Media adalah tempat backlinks yang sangat berkualitas contohnya dari G+, Facebook dan tentunya twitter, walaupun biasanya backlinks dari situs-situs social media ini adalah nofollow, mesin pencari tetap  akan memperhitungkanya. Selain backlink tentunya kita juga akan mendapatkan visitor dari teman atau  followers kita di social media tersebut. tentunya kita juga harus aktif di social media tersebut.

4.    Menjadi Guest Blogger

Menjadi guest blogger di sebuah blog yang sudah mapan adalah salah satu cara yang sangat ampuh untuk membuat blog kita cepat populer. Kita bisa menjadi penulis di blog orang lain – tentunya atas ijin si pemilik blog – lalu kita memposting artikel yang baik dan sesuai dengan topik yang ada di blog tersebut. Pada bagian biografi penulis kita bisa memeperkenalkan diri dan juga memasang link menuju web/ blog kita, 2 keuntungan sekaligus; backlink dan juga visitor. Kalau saya biasanya menggunakan website moeslema.com

5.    Membuat Give Away

Dengan kita membuat lomba / Give Away yang linknya diarahkan ke Blog kita, itu sangat akan membantu kita untuk mendapatkan Backlink yang berkualitas, karena dari semua peserta yang daftar pasti akan  membuat backlink ke blog kita sesuai dengan peraturan lomba.




6. Melalui Forum Signature

Saat ini banyak sekali forum-forum yang bisa kita temukan di internet, mulai dari forum para gamers, publisher, sampai forum para pengusaha. Salah satu forum yang sangat terkenal adalah kaskus.co.id, berbagai topik dibahas di forum ini. Selain kaskus.co.id, forum yang sudah sangat terkenal adalah ads-id, yaitu forum para publisher di Indonesia.

Di forum Ads-id.com para member yang verified dan donatur diberikan fasilitas untuk memasang signature dimana signature tersebut akan terlihat di setiap post yang kita kirimkan di forum tersebut. Memasang link menuju web/ blog kita di bagian signature tentunya akan memberikan keuntungan buat kita, yaitu backlink berkualitas dan juga visistor dari forum tersebut.

Beberapa recommended forum yang mengijinkan signature link dan dofollow:

1.    Bersosial.com : Forum diskusi online Indonesia
2.    EOcommunity.com: Forum utk event orginizer dan general topik
3.    Forum.kompas.com: Forum di kompas.com
4.    Forum.detik.com: Forum di Detik.com
5.    Pengusaha.co: Forum diskusi dan jual beli (update: saat ini link dari forum ini sudah Nofollow)
6.    Dan lain-lain

Artikel direktori seringkali digunakan untuk kegiatan marketing dan membangun backlink. Kita dapat membangun backlinks dari situs artikel direktori dengan cara membuat artikel berkualitas lalu disubmit ke situs-situs artikel direktori. Banyak artikel direktori yang sudah sangat terkenal saat ini, untuk bahasa Inggris seperti Ezinearticles.com, Articlebase.com, dan lain-lain, sedangkan untuk bahasa Indonesia seperti cuitcuit.com, artikeloke.com, dan lain-lain.




Baca Juga Artikel Bermanfaat Cara Memasang Alexa Tools pada Browser

You Might Also Like

6 komentar

  1. Mantap mbak... Jangan lupa untuk membangun backlink on page juga ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhhh thanks for sharingnya mas besuk dicoba ^^

      Hapus
    2. Bagaimana kah membangun situs backlink on page itu? Maklum masih newbie. Terimakasih dan salam dari team Tili.

      Hapus
  2. waaaa artikel bagussss.
    aku keep yaaa

    BalasHapus
  3. makasih mbak jadi tambah semangat belajar seonya ini blog ane
    indonesian tradisonal treatmen for herpes

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung di Blog novawijaya.com jangan lupa meninggalkan jejak kamu disini ya :) Happy Blogging

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Community

Blogger Bojonegoro

Member Of

Emak2 Blogger