Surga Kecil Nan Indah Itu Bernama Pulau Sempu

14.04.00


Traveling merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan dan bisa melepaskan berbagai macam pikiran yang memenatkan. Setidaknya untuk sesaat kita bisa melupakan masalah yang sedang datang menguji kita. Traveling juga memberikan banyak pengalaman dan juga kepuasan dalam kehidupan kita yang tidak kekal ini.

Bersama dengan 18 orang yang kebanyakan dari Bojonegoro ini, kami memutuskan untuk menilik surga tersembunyi di daerah Malang selatan. Surga itu bernama pulau sempu dan segoro anakan, pulau ini merupakan daerah konservasi, jadi kami harus mengurus izin masuk khusus untuk masuk kesana. Setelah kami mendapatkan SIMAKSI ( Surat izin masuk Kawasan Konservasi ) dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) kami langsung melanjutkan perjalanan.
Sendang Biru


Start awal kami dari sebuah pelabuhan bernama Sendang Biru, dari sana kami naik perahu penyebrangan selama  15 menit menuju ke pantai semut pulau sempu. Buat kalian yang akan ke Sempu juga, jangan lupa mencatat nomor perahu yang mengantar kalian untuk penjemputan ketika nanti akan menyebrang kembali ke sendang biru. Karena kalau berenang nggak mungkin kuat dehhh dijamin haha.

Pantai Semut Pulau Sempu
Perjalanan baru dimulai, dari pulau semut ini kita harus Trekking  normalnya 1,5 jam jika kondisi fisik mumpuni. Tapi karena kemarin kebanyakan orang, jadi kebanyakan berenti gitu deh rombonganku, dari 1,5 jam bisa molor sampai 3 jam. . Khususnya aku, sebelum kesana nggak menyempatkan untuk olahraga dulu, jadi nafasnya cukup ngos-ngosan udah kaya mati idup #lebay….Tapi serius ini kali pertama aku ngos-ngosan buat Trekking.





Kami juga memakai pemandu dari Perhutani supaya kami tidak tersesat menuju ke lokasi.

Perjalanan selama 3 jam itu terobati ketika suara gemuruh air sudah mulai terdengar.  Dan  tercengang, ternyata ini yang dinamakan pulau sempu. Hanya terlihat karang dan airnya sangat sedikit berbeda dari yang di foto google. Disana ternyata sudah berdiri banyak tenda dan kami kebagian daerah paling depan sendiri. Tak apalah langsung berhadapan dengan air.




Ternyata airnya sedang surut kalau siang-sore, ketika malam-pagi air sudah mulai pasang dan nyaris tenda kami kebanjiran. Untung mas-mas yang ikut dengan sigapnya membangun tanggul di depan tenda kami, sehingga airpun tidak sampai masuk ke tenda. Kayaknya mereka cocok masuk devisi pertanggulan sungai bengawan solo yang melewati Bojonegoro haha.

Keindahan dan kejernihan pulau ini baru terlihat ketika pagi hari, MashaAllah ternyata ini yang seperti di Foto-foto. Sangat indah dan menawan hati, melihatnya bisa bikin hati adem dan disana juga sudah banyak yang berenang atau mungkin sedang mandi. 

Sebuah pulau yang berbatasan dengan laut selatan dan hanya di batasi oleh karang ini sungguh sangat cantik. Terlepas dari berbagai hal mistis karena pulau ini memang tidak berpenghuni, jadi kalau kesana hati-hati. Pastikan bersama teman atau keluarga biar bisa saling mengawasi. 
Pulau Sempu
Pulau Sempu
Dan tolong please segala macam sampah yang kita bawa nanti juga dibawa pulang kembali, supaya pulau indah ini bisa tetap terjaga keasrian dan keindahannya, terutama botol mineral yang sangat berserakan dimana-mana. Sempu bukan tempat pembuangan sampah, kita sudah diperbolehkan menikmatinya, jadi kita juga harus sadar untuk ikut menjaganya. Karena sejatinya sempu adalah sebuah cagar alam yang dilindungi. Tapi memang diperbolehkan untuk dikunjungi, dengan satu syarat yaitu kita harus menjaganya, jangan mengotori surga tersembunyi tersebut.
My Trip My Adventure


Perjalanan Pulang Yang Mengesankan

Kita masih harus berjuang untuk bisa keluar dari pulau tersebut, kali ini saya memutuskan untuk jalan duluan dan pisah dari rombongan, karena ketika pulang, banyak sekali temannya jadi tidak perlu takut tersesat. 

Berbeda waktu berangkat, waktu pulang sangat terasa cepat hanya membutuhkan waktu 1 ¼ jam untuk sampai ke pantai semut pulau sempu. Di tengah perjalanan saya bertemu dengan berbagai komunitas yang baik hati karena mau membagi minumnya kepada saya. Bener-bener bekal minum yang kita bawa harus banyak karena disana tidak ada sumber mata air yang bisa kita minum. Airnya asin semua karena air laut.

Pantai Semut Pulau Sempu
Setelah menunggu hampir 2 jam akhirnya rombongan saya sampai juga di tempat peristirahatan, katanya sih mereka sedikit tersesat. Sungguh perjalanan yang luar biasa dan nggak mungkin bisa terlupakan.

Beberapa Tips Jika ingin datang ke Pulau Sempu


  1. Siapkan fisik, jangan lupa olahraga
  2. Bawa bekal air mineral yang banyak karena ini sangat penting
  3. Bawa bekal makanan secukupnya, utamanya yang bisa bikin tubuh anda tidak lemas
  4. Bawa tenda ( Bisa di sewa di sendang biru )
  5. Sewalah sepatu yang disediakan dengan harga 10.000 supaya kaki anda aman.
  6. Catat nomor telepon perahu yang mengantar anda
  7. Anda juga bisa membawa bola untuk bermain disana
  8. Jangan lupa membawa senter dan korek api untuk penerangan
  9. Jaga barang berharga anda baik-baik karena disana tidak aman, Banyak yang kehilangan barang berhargannya.
  10. Yang terakhir Bawa kembali semua sampah anda


Perlu diingat bahwa Pulau Sempu adalah cagar alam dan bukan hanya sebuah tempat liburan, jadi Anda perlu membuat janji sebelum melakukan perjalanan ke Pulau Sempu. Sebelum melakukan aktivitas apapun di Pulau Sempu, Anda harus memiliki izin masuk khusus untuk kawasan konservasi (Surat Izin masuk Kawasan Konservasi / SIMAKSI). Izin masuk dapat diperoleh dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA). Anda bisa mencarinya disana.

Semoga Liburan Anda Menyenangkan


You Might Also Like

10 komentar

  1. tempat yg indah. Membaca kata Sempu... langsung ingat nama tempat yg ada di kota Serang hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. serang juga ada sempu ya mak? :D

      Hapus
  2. wow cantik yaa, itu semacam teluk ya dek?

    BalasHapus
  3. Tfs mbak Nova.. tempatnya bagus ya..dan memang butuh perjuangan untuk kesana.. Saya dari dulu belum kesampaian ke Pulau Sempu (hopefully one day). Jadi kalau saya gak salah baca, butuh 15 menit naik perahu lalu 1,5-3 jam jalan ya?

    BalasHapus
  4. Wisata di kawasan konservasi alam Pulau Sempu yang paling mengasikan waktu perjalanannya, dan semua terbayar dengan pemandangan alam pantai yang indah dan mempesona tersebut.

    BalasHapus
  5. cantik bingiit pemandangannya yaa

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung di Blog novawijaya.com jangan lupa meninggalkan jejak kamu disini ya :) Happy Blogging

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Community

Blogger Bojonegoro

Member Of

Emak2 Blogger