Tari Thengul Bojonegoro

17.32.00

Tari Thengul
Tari Thengul Bojonegoro
Berawal dari obrolan ringan bersama pak Imam pariwisata akhirnya rasa penasaran saya dengan tari ini sedikit menemukan titik terang. Selama ini banyak dari kita yang hanya bisa menjadi penonton tanpa tau asal mula dari pertunjukan yang sedang kita saksikan.

Tari Thengul adalah Tari Tradisional dari Bojonegoro yang tampilannya cukup tidak membosankan. Gerakan tariannya yang khas dan condong kaku membuat tarian ini mempunyai ciri khas tersendiri.


Dari cerita pak imam yang saya tangkap tadi, Tari Thengul ini diambil dari pertunjukan Wayang Thengul  yang merupakan ikon kesenian tradisi wayang golek asli Kabupaten Bojonegoro dan sudah memperoleh pengakuan nasional. 

Tari  Thengul adalah Tari dengan gerakan kaku siku pada gerakan tangan, gerakan tegas pada gerakan kepala, dilengkapi tata rias muka putih dengan cunduknya, seperti boneka, ekspresi senyumnya menampakan hubungan sosial yang akrap.

Tari Thengul merupakan sebuah tarian yang dilakukan secara berkelompok berkarakter gecul (Komedi) yang menjadi salah satu Kesenian khas Bojonegoro Jawa Timur, tarian ini menggambarkan Wayang Thengul yang diperagakan oleh manusia, dengan ditampilkannya ekspresi senyum yang mewakili keakraban sebuah hubungan sosial.

Tari Thengul
Tari Thengul Bojonegoro
Sejarah Tari Thengul bermula pada tahun 1990-an ketika diselenggarakan Festival Tari Daerah dalam Pekan Budaya dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, yang pada saat itu, Tari Thengul  masuk menjadi salah satu kategori penampilan terbaik Festival Tari Daerah.

Tarian Thengul biasanya dibawakan oleh 7 Penari Putri, diawali dengan instrument seperangkat Gamelan yakni dibuka oleh Gender yang disusul dengan Slentem bersama Oklik, mula-mula penari keluar dengan jalan pinokio, dilanjutkan buka cluluk, lalu jogedan dengan gending Tenggor, playon dibarengi keteran alat musik, guyonan lanjut jogedan dan kemudian tutup kayon, iki Thengul yo. ( Mengutip di search Google )

Dimulai dengan terciptanya Tarian Thengul, tercipta pula beberapa Tarian yang bersumber dari Tarian tersebut, seperti Tari Sindir Thethengulan, Tari Golek Thengul serta Tari Geyeran. Namun telah ditetapkan dalam pementasan untuk penyambutan tamu masih menampilkan Tari Thengul. Pada tahun 2003 Thengul tampil pada Pawai Budaya festival seni Bojonegoro di dukung 5 penari putra dengan media gambar thengul setinggi 2 meter.

Tarian ini sungguh tidak membosankan dan mempunyai ciri khas sendiri yang membuat para penontonnya terpukau dan seakan terbawa suasana ingin menari seperti yang sedang mereka tonton. 

Ini adalah salah satu warisan budaya Bojonegoro yang sangat luar biasa yang saat ini sudah diakui oleh Nasional, bahkan Dunia.

You Might Also Like

8 komentar

  1. ih namanya lucu :D Makasih infonya Mak, aku baru tahu loh kalo ada tari Thengul. Soalnya yang terkenal cuma Jaipong, Pendet, Serimpi gitu-gitu sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaipong udah biasa thengul dong :D

      Hapus
  2. O_o baru pertama kali denger tari Thengul. Nonton di yutup ah.

    BalasHapus
  3. oh baru denger tuh tapi aku suka banget dg tarian tradisional, keren!!!

    BalasHapus
  4. Baru tau ada tari thengul... klo liat penari yang di foto itu gayanya genit gimana gitu... jadi bisa diplesetin jadi tari tengil tidak ya :D

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung di Blog novawijaya.com jangan lupa meninggalkan jejak kamu disini ya :) Happy Blogging

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Community

Blogger Bojonegoro

Member Of

Emak2 Blogger