Kamu Suka Dehidrasi Saat Puasa? Coba Lakukan Pola Minum #AQUA242

15.15.00

Kebanyakan dari kita sangat menyepelekan pentinya minum air putih, apalagi saat berpuasa!. Kita lebih senang menghidangkan berbagai minuman segar untuk melepas dahaga kita seusai menahan haus selama seharian. Berbagai macam es dan sajian yang manis-manis terpajang di meja untuk menyambut ritual berbuka puasa. 

Padahal, itu akan berakibat buruk untuk kesehatan kita. Apalagi jika kita melupakan ritual minum air putih karena perut kita sudah sangat kekenyangan dengan berbagai sajian yang ada di meja. dapat dipastikan terjadi penimbunan kalori berupa lemak dalam tubuh kita.

Agaknya kita harus selalu ingat, tubuh kita membutuhkan minimal 2 liter atau 8 gelas air putih selama sehari, jika kita minum kurang dari itu maka tubuh kita akan mengalami dehidrasi dan akan menimbulkan banyak efek samping terhadap kesehatan.

Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan sehingga tubuh tidak punya cukup cairan untuk menjalankan fungsi normalnya. Air minum adalah kebutuhan penting dalam asupan kita sehari-hari. Menahan lapar tentu akan lebih mudah daripada menahan haus, bukan?

Seharusnya, puasa dapat membantu mengurangi berat badan dan kandungan glukosa dalam tubuh kita jika dijalankan dengan asupan gizi yang tepat saat puasa. Air putih merupakan cairan yang paling alami untuk memberikan hidrasi pada tubuh kita karena tidak mengandung pemanis, pewarna atau pengawet. Salah satu produk air minum yang paling bagus ya AQUA.

Untuk memenuhi kebutuhan 8 gelas air setiap hari di bulan puasa, solusinya adalah dengan menerapkan pola minum #AQUA242.  Dua gelas air putih saat berbuka puasa, empat gelas saat malam hingga menjelang tidur dan dua gelas lagi saat sahur.

Mengapa air putih yang utama? Karena air putih adalah cairan paling alami tidak mengandung pemanis, pengawet dan pewarna. Sangat baik untuk mengembalikan cairan tubuh yang terbuang.  Disamping itu, air putih mengandung 7 unsur mineral penting yang sangat baik bagi kesehatan tubuh seperti Natrium, Magnesium, Kalsium, Kalium hingga Silika.

Maka dari itu, kita butuh menerapkan pola minum #AQUA242 dimana kita tidak harus minum secara berlebihan. Biasanya kita lebih banyak minum air putih ketika sahur untuk menjaga cairan tubuh kita, padahal itu adalah pola yang salah, yuk simak penjelasan dibawah ini bagaimana menjalankan pola kebutuhan air di bulan puasa.

Kebutuhan Air di Bulan Puasa
     
2+4+2

(2 gelas saat berbuka) + (4 gelas saat malam) + (2 gelas saat sahur)

  • Saat berbuka: Awali berbuka dengan 1 gelas air putih. Setelah menyantap hidangan berbuka, kembali minum air putih 1 gelas.
  • Saat malam: Minumlah 4 gelas saat malam hingga menjelang tidur. Pembagiannya bisa dilakukan dengan minum 1 gelas air putih sebelum makan malam, 2 gelas sehabis makan, dan 1 gelas lagi menjelang tidur.
  • Saat sahur: Jangan lupa untuk menyertakan kembali 2 gelas air putih di kala sahur. 
Kita perlu menyeimbangkan pilihan makanan dan minuman yang kita konsumsi saat berpuasa. Tentunya juga keseimbangan hidrasi. Jangan sampai kita kurang minum 8 gelas sehari, tetapi juga tiak perlu berlebihan minum air putih setiap harinya. 8 gelas adalah takaran yang pas. 

Dengan pola minum #AQUA242, kini kita tidak perlu khawatir lagi mengalami dehidrasi ketika menjalankan puasa. Tidak perlu minum air putih 8 gelas sekaligus saat sahur. Cukup menerapkan pola minum #AQUA242 selama bulan puasa. Tubuh terhidrasi, puasa pun jadi lancar. 

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa



You Might Also Like

3 komentar

Terimakasih sudah berkunjung di Blog novawijaya.com jangan lupa meninggalkan jejak kamu disini ya :) Happy Blogging

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Community

Blogger Bojonegoro

Member Of

Emak2 Blogger