Bojonegoro Youth Summit 2015

08.30.00


Bojonegoro merupakan salah satu Kabupaten yang menjadi embrio lahirnya Generasi Emas Bangsa. Banyak prestasi yang telah ditorehkan oleh Pemuda Bojonegoro di kancah Nasional maupun Internasional. Prestasi di berbagai sektor mulai dari Pendidikan, Olahraga, Seni, dan lain – lain menjadi galeri prestasi kebanggaan bagi masyarakat Bojonegoro. 

Namun dibalik prestasi memukau tersebut, Bojonegoro masih memiliki banyak permasalahan yang harus kita pecahkan bersama – sama. Mengeluh dan terus menyalahkan satu sama lain tidak akan pernah bisa menyelesaikan masalah justru bisa memecah belah Persatuan Bangsa. Sinergi dan Kolaborasi antara Pemerintah, Pakar, Masyarakat, dan Pemuda adalah salah satu kunci yang telah terbukti berhasil di beberapa Kota di Indonesia dalam rangka mengatasi permasalahan daerahnya. 

Generasi Muda merupakan SDM Potensial bagi daerah dan juga Bangsa. Mempersiapkan Pemuda yang memiliki World Class Competence, and Grassroot Understanding adalah salah satu upaya mewujudkan Generasi Emas Bojonegoro untuk menjadi Pemimpin yang memiliki ‘Sense of Belonging’ terhadap Bojonegoro di masa depan. 

Bojonegoro Youth Summit (BYS) adalah sebuah program interaktif dan inspiratif yang mempertemukan para Pemuda terbaik Bojonegoro untuk berkumpul (Gather), berbagi ide / gagasan inovatif (Share), merencanakan program (Plan), dan diharapkan mampu merealisasikan program melalui sebuah Social Project (Action). 

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Bojonegoro ke – 338 dan Hari Sumpah Pemuda, kami berupaya Bojonegoro Youth Summit 2015 ini menjadi sarana untuk bersinergi dan memfasilitasi gagasan / pemikiran yang dimiliki oleh Pemuda sekaligus cikal bakal pelopor Pergerakan Pemuda untuk Bojonegoro Lebih Baik.

Apasih Tujuan dari Acara Ini? 


  1. Memberikan kesempatan Pemuda Bojonegoro untuk saling berinteraksi (Gather), berbagi (Share), merencanakan (Plan), merealisasikan (Action) pemikiran atau gagasan inovatif untuk Bojonegoro.
  2. Meningkatkan kembali ‘Sense of Belonging’ terhadap Bojonegoro. bagi para Pemuda.
  3. Sarana berjejaring (Networking) antara Pemuda, Pemerintah, Organisasi Relawan, dan Tokoh Inspiratif sehingga melahirkan Sinergi Positif membangun Bojonegoro.

Gambaran Kegiatannya Seperti Apa?


Kegiatan ini kami kemas menjadi sebuah kegiatan Interaktif dan Partisipastif yang mempertemukan Pemuda Terbaik Bojonegoro. Acara yang kami susun akan lebih mengutamakan keaktifan dari para peserta dan akan dipandu oleh Fasilitator dari Relawan Sahabat Inspirasi Bojonegoro. 

a.    SHARE

Dalam sesi ini peserta akan dibagi menjadi 5 kelompok yang masing – masing kelompok beranggotakan 10 orang dan di dampingi oleh 1 Fasilitator untuk melakukan kegiatan Focus Group Discuss. Peserta saling berbagi ide inovatif mereka yang memilih 1 ide terbaik pilihan kelompok untuk di jadikan bahan diskusi kelompok.

b.    PLAN 

Sesi ini peserta secara kelompok merumuskan perencanaan dari 1 ide terbaik pilihan kelompok secara terperinci dan divisualisasikan melalui sebuah karton yang telah disediakan panitia, boleh berupa gambar, mind map, blue print, dan lain – lain. Hasil visualisasi ide akan mereka presentasikan di sesi berikutnya.

c.    ACTION

Setelah melakukan perencanaan dan presentasi, para peserta berupaya memilih 1 ide terbaik pilihan bersama untuk direalisasikan dalam sebuah Social Project.

d.    NETWORKING

Pada sesi ini peserta berkesempatan untuk saling berjejaring dengan sesama peserta, Pemerintah, pakar, dan relawan yang telah hadir dalam kegiatan Bojonegoro Youth Summit 2015.


Kegiatan ini akan berlangsung pada tanggal 1 November 2015, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Jadi Bojonegoro yang ke 338 dan Sumpah Pemuda.

Dihadiri Oleh Keynote Speaker dan Leader inspiratif, antara lain : Kang Yoto (Bupati Kab. Bojonegoro) dan Siti Nurhidayah (Pemuda Pelopor Bojonegoro dan Founder Sahabat Inspirasi Bojonegoro), juga akan dihadiri beberapa Rekan Relawan Bojonegoro dari Kelas Inspirasi, Sahabat Inspirasi, KFI, dll. 

Pendaftaran dibuka tanggal 21 September 2015 - 25 Oktober 2015 dengan kuota peserta terpilih hanya 50 Peserta + 10 peserta waiting list. Kirimkan ESSAY TERBAIKmu dan IDE INOVATIFmu sebaik dan sedetail mungkin, 50 essay terbaik akan kami Galeri kan dan akan kami publikasikan di kalangan pemerintah dan masyarakat luas. Let's Do Our Best !! ^^



Daftarkan dirimu sekarang juga, kirimkan biodata dan essay kamu ke : bojonegoroyouthsummit@gmail.com.
DOWNLOAD Form dan Update info terbaru kami di link berikut : 

Form Pendaftaran : bit.ly/bojonegoroyouthsummit


"Mari Ambil Bagian Untuk Menjadi Pelopor Pergerakan Pemuda Bojonegoro"

You Might Also Like

2 komentar

  1. Asik banget acaranya Mbak Nova 😊

    BalasHapus
  2. bojonegoro keren banget programnya :D maju terus buat bojonegoro!

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung di Blog novawijaya.com jangan lupa meninggalkan jejak kamu disini ya :) Happy Blogging

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Community

Blogger Bojonegoro

Member Of

Emak2 Blogger