Sharing Digital Marketing Bersama Jaringan Informasi Masyarakat Bojonegoro

01.00.00

Bersama teman-teman JIM dan Perwakilan ExxonMobil

Halo Everybody. Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan sebuah kehormatan untuk menjadi salah satu narasumber pada acara yang dilaksanakan oleh teman-teman JIM ( Jaringan Informasi Masyarakat ) Bojonegoro. Dalam kesempatan tersebut, saya berkesempatan sharing tentang Digital Marketing.

Dunia Digital saat ini memang sedang menjadi trendsetter di semua kalangan. Tidak hanya anak muda, dari anak-anak hingga orang dewasa-pun saat ini sangat menggilai yang namanya social media. Di Era digital saat ini, kita semakin mudah mencari berbagai informasi daripada dulu. Karena dengan internet, saya rasa saat ini semuanya semakin mudah. 

Ada sebuah quote entah dari siapa saya lupa, tapi selalu saya ingat sampai saat ini, bahwa “Pekerjaan paling menyenangkan adalah hobby yang di bayar”. Yah, saya sekarang sedang menjalani itu melalui pekerjaan saya sebagai seorang Digital Marketing, alhamdulillah dari hobby yang di bayar tersebut mungkin saya bisa saya gunakan untuk bayar administrasi kuliah saya hingga selesai nanti. Bahkan mungkin lebih, dan saya sangat bersyukur atas semua kepercayaan yang di berikan kepada saya ini.

Di sini saya bukannya ingin riya atau pamer atau apalah-apalah hihi saya Cuma ingin sharing dengan teman-teman profesi yang sangat menyenangkan ini. Jika saya di tanya  : Pekerjaan apa sih yang keren dan belum banyak pesaingnya sat ini? Jawaban saya sudah pasti kerja di dunia digital. Saat ini semakin banyak perusahaan yang sadar besarnya potensi dan manfaat digital marketing dalam mendukung marketing konvensional loh!.

Thankq Fotonya timdok JIM

Berkarir di dunia digital itu sangat menyenangkan karena sumber daya manusianya masih sedikit. Ini merupakan kesempatan emas bagi anak-anak muda yang aktif di social media untuk berkarir di dunia digital. Mulai tahun ini atau, setahun dua tahun ke depan semua perusahaan akan membutuhkan orang-orang digital. Jadi harus dari sekarang belajar karena di dunia digital harus update terus dan belajarnya butuh waktu ya gaes.

Banyak potensi yang bisa diolah dari social media, apalagi pasar digital marketing di Indonesia masih sangat besar. Minat dan rasa suka terhadap social media sudah bisa jadi modal untuk berkarir di dunia digital. Asal tekun dan bersemangat, meski belum punya pengalaman, siapa tahu kalian bisa jadi salah satu bagian dari digital marketing salah satu perusahaan suatu saat nanti. 

Saat ini, social media apasih yang paling di minati?

Kalau saya yang di tanya, saya akan menjawab Instagram. Saat ini pengguna instagram di Indonesia menduduki peringkat ke 3 di dunia. Berdasarkan update terakhir tahun 2015 jumlah total pengguna Instagram sebanyak 400 juta orang, padahal baru 5 tahun resmi setelah launching. dengan jumlah upload foto sebanyak 80 juta setiap harinya, serta 1700 likes dan 2000 comments per detik. Media sosial fotografi yang satu ini perlu dimanfaatkan keberadaannya

Setelah dalam dekade terakhir beberapa website photo sharing seperti Flickr dan Picassa menjadi pemain utama di ranah digital, beberapa tahun belakangan ini, Instagram, sebuah media sosial berbasis gambar foto, menjadi kuda hitam dalam kompetisi di segmen tersebut dengan pertumbuhan mengejutkan.

Selain kemudahan dalam melakukan snapshot, Instagram juga memiliki keunggulan dalam konektivitasnya dengan social media populer lain seperti Facebook dan Twitter. Cukup dengan klik kamera handphone, foto bisa langsung Anda bagikan kepada followers dan friends Anda di FB dan Twitter. Terlebih lagi, Instagram juga dapat melakukan capture video, meskipun hanya dalam waktu yang singkat.

Namun, singkatnya durasi video ini malah menjadi keunggulannya, karena akhirnya user dipaksa untuk dapat kreatif, dan tidak akan banyak menyita waktu viewer. Fitur lainnya, Instagram mendukung penggunaan hashtag seperti di Twitter, dan hastag tersebut dapat mempermudah pencarian dan berbagi dengan user lainnya.

Beberapa fitur, keunggulan diatas mendorong pertumbuhan pengguna yang luar biasa, yang akhirnya menjadikan Instagram sebagai pilihan beberapa digital marketer untuk digunakan dalam aktifitas digital marketing-nya, terutama sebagai media untuk melakukan branding.

Sharing tentang Digital Marketing
Kenapa Ada Digital Marketing? Apa Tujuannya?

Fungsi marketing adalah menghubungkan perusahaan dengan pasarnya. Khusus digital marketing, menghubungkan perusahaan dan pasarnya di internet. Tapi kenapa harus digital marketing? Apa tujuannya?
Digital marketing itu bertujuan untuk meningkatkan pageviews (jumlah orang yang membaca website kita) itu penting ya, dan tujuannya cuma ada dua objektif atau tujuan dari klien dalam melakukan digital marketing. Kalau nggak untuk awareness/branding, ya conversion.

Kenapa harus Mendatangkan Traffic dan Awareness??

Tidak ada yang akan membeli produk sebelum ada yang mempromosikan!

Jika hanya punya website, toko online, blog, Twitter, fanpage Facebook, YouTube Channel, atau akun media sosial lainnya, ternyata belum cukup. Semua kanal itu harus dipromosikan agar jutaan pengguna internet ngeh, aware, dan akhirnya mengunjungi situs itu, dan jadi traffic.

Menjadikan Traffic itu Convert (Menjadi Conversion)

Orang-orang yang sudah melihat-lihat barang jualan kita, belum tentu jadi pembeli!

Begitu pula di Internet, pengunjung website kita belum tentu mau melakukan apa yang kita ingin mereka lakukan. Misalnya kita ingin mereka menjadi pembeli, atau mengisi form isian, atau mendaftarkan email mereka. Traffic harus diubah menjadi konversi. Ibarat ember bocor yang tidak akan bisa diisi air sebanyak apapun, kalau website kita tidak bisa mengubah traffic menjadi pembeli, sia-sia saja kita punya website.

Jika ingin merubah pengunjung website menjadi pembeli, maka traffic harus diubah menjadi konversi. Jika tidak, percuma saja punya website.

Mengapa kita harus menguasai ilmu-ilmu dalam bidang digital marketing? Karena kita bisa membantu banyak orang, baik untuk perusahaan klien atau perusahaan tempat kita bekerja.

Ini pak Reksi, Perwakilan dari ExxonMobil
Saya sekarang sudah ngantuk karena sekarang sudah jam 00.45 WIB. Sebelum kata-kata ngelantur ngalor-ngidul, mungkin itu saja yang bisa saya sharing kepada teman-teman yang tertarik dengan dunia digital. Tidak ada salahnya di coba, dan kalau sudah tau hasilnya pasti ketagihan hihi. Enak loh serius, bisa punya jaringan lebih luas pula.

Dunia internet itu saat ini sudah mirip dengan dunia nyata, dan perlu orang-orang yang menguasai digital marketing untuk bisa memanfaatkan potensi besar internet untuk hal-hal yang baik dan bermanfaat.

Bagaimana pendapat teman-teman? Apa ingin berkarier dan belajar di bidang digital marketing?

You Might Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah berkunjung di Blog novawijaya.com jangan lupa meninggalkan jejak kamu disini ya :) Happy Blogging

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Community

Blogger Bojonegoro

Member Of

Emak2 Blogger