Kelas Inspirasi Bojonegoro Dolan Ning Kalisari

13.09.00


Salam sayang untuk semua team yang terlibat di Kelas Inspirasi Bojonegoro Dolan ning Kalisari.

Bagi saya, salah satu kesempatan yang paling berarti yang bisa didapatkan oleh setiap orang selama hidupnya adalah kesempatan untuk belajar dan kesempatan untuk memberi kepada orang lain. 

Saya bersyukur bisa bertemu dengan orang-orang yang luar biasa, team yang luar biasa dan tentunya semangat mereka yang luar biasa. Apakah anda pernah membayangkan kembali ke sekolah dasar anda? bertemu dengan bapak dan ibu guru, dan mengucapkan terima kasih atas jasa-jasa mereka yang selalu kita bawa kemana-mana? Saya rasa, jarang di antara kita yang peduli akan hal itu.

Saya sendiri akhir-akhir ini selalu berusaha memandang setiap kejadian di hidup saya sebagai hal baru yang senantiasa memberikan sesuatu untuk dipelajari, untuk kemudian kita bagikan lagi, untuk kita berikan lagi kepada orang lain.  Dan salah satu wujud pemberian yang saya rasa paling bermakna dan akan terus terasa dampaknya bagi orang yang menerima adalah memberikan inspirasi.

Saya seringkali terinspirasi oleh orang-orang yang memperjuangkan tujuannya, orang-orang yang berjuang atas apa yang mereka inginkan. Those are the people who earn what they want or what they need. 

 
Role Mode
Bagi saya, inspirasi bisa datang dari mana saja dan siapa pun bisa menjadi sumber inspirasi bagi orang-orang di sekitarnya. Inspirasi itu hidup dan memberi hidup bagi orang apalagi anak-anak  yang bisa membagi dan menerimanya, oleh karena itu kita juga bertumbuh dengannya.

Membuat orang lain terkesan, dalam hal ini anak-anak Sekolah Dasar dengan suatu pencapaian yang kita kemukakan mungkin merupakan suatu hal yang hebat, namun mampu membuat mereka terinspirasi untuk kemudian mau berpikir lebih lanjut dan melahirkan pencapaian-pencapaian baru    (yang mengantarkan pada perubahan konkret) dari pencapaian yang semula kita kemukakan adalah suatu tantangan besar.

Awal tahun 2016 yang luar biasa ini saya benar-benar mendapatkan pelajaran yang sangat berharga mengenai kehidupan. Selalu ada rasa haru yang menyeruak setelah pelaksanaan gerakan hebat ini. Selalu ada wajah baru dan inspirasi baru yang selalu memberikan moodboster di tengah rutinitas sehari-hari yang mulai membosankan ini.

Suasana Baru
Kami percaya bahwa mengajak para relawan bergabung di Kelas Inspirasi Bojonegoro Dolan melalui coretan di virtual kanvas adalah kontribusi yang nyata untuk memajukan pendidikan. Kami berharap segala rupa yang terciptakan dapat menambah warna baru bagi gerakan ini.

Kelas Inspirasi Bojonegoro biasanya dilatarbelakangi oleh warna jingga yang penuh. Kami ingin sedikit penyegaran dengan warna-warna kontras lainnya. Biru, hijau, ungu, merah, lavender, kuning, dan sebut saja warna lainnya.

Warna-warni Kelas Inspirasi Bojonegoro Dolan adalah representasi dari keragaman latarbelakang dan cara kerja pegiatnya. Kami percaya bahwa gambar dapat lebih banyak bicara mengenai inovasi dari gerakan ini.
Pada Kelas Inspirasi Bojonegoro Dolan ini, saya berkesempatan masuk dalam team SDN Kalisari, Baureno yang luar biasa. Bagaimana tidak luar biasa, kalau pengajarnya adalah wonder woman semua. Upsss sory ada satu deh yang superhero di tim kami xixi.

SDN Kalisari terletak di perbatasan Kab. Tuban, Kab. Lamongan, dan Kab. Bojonegoro. Bahkan 40% siswa yang sekolah di SDN tersebut adalah warga Tuban. Selain itu, Desa Kalisari ini termasuk unik karena di sekilingi oleh Sungai Bengawan Solo. Kebayang kan bagaimana kalau sungai terpanjang di pulau Jawa itu meluap? Sudah pasti warga di sana akan kebanjiran.

Inilah sebagian anak-anak tersebut
Kalau anda belum tau tentang gerakan Kelas Inspirasi ini, saya akan memberikan sedikit gambaran. Kami, relawan Kelas Inspirasi adalah orang-orang yang tidak di bayar dan bebas kepentingan. Kami adalah segerombolan orang yang peduli dengan pendidikan, dan orang yang peduli dengan janji kemerdekaan, Mencerdaskan kehidupan bangsa.

Anak-anak Negeri yang masih duduk dibangku Sekolah Dasar ini adalah generasi penerus bangsa. Mereka patut mendapatkan pendidikan yang layak dan harus ada rangsangan untuk itu semua. Kebanyakan dari anak Negeri yang tinggal di pedalaman, sekolah itu hanya membuang-buang waktu dan tidak ada harganya, karena bagi mereka membantu orang tua dan bekerja itu adalah hal yang utama.

Lihatlah anusias mereka


Kadang suka miris melihat anak-anak perempuan usia SD kelas 5 atau 6 itu sudah dinikahkan. Ini jaman modern, tapi tradisi seperti itu masih saja ada. Ini sangat membahayakan ketika mereka nanti hamil diusia anak-anak yang belum beranjak dewasa, karena taruhannya adalah nyawa manusia. Mungkin juga kita perlu menyadarkan pemikiran orang tua mereka supaya menyekolahkan anak-anaknya kejenjang yang lebih tinggi.

Terimakasih untuk all team Kelas Inspirasi Bojonegoro Dolan #1 yang sangat luar biasa. Semoga di Kelas Inspirasi Bojonegoro Dolan #2 nanti lebih banyak hati yang terlibat di pelaksanaannya. 

Clossing

Karena Menginspirasi adalah Candu #JabatErat

You Might Also Like

6 komentar

  1. Inspirasi bojonegoro masya allah. Hebat mbak keren. Bahkan dengan postingan ini membuat sy terisnpirasi

    BalasHapus
  2. Kalisari, nama yang mengingatkanku beberapa tahun lalu berkeliling menyusuri Lokalisasi (Surga tersembunyi bagi kalangan tersendiri) yang terkenal berada antara Kab. Tuban dan Bojonegoro dan lumayan jauh dari Kab. Lamongan.
    Nggak tahu kalo kalisari yang ini/itu karena tidak tersebutkan Kecamatannya...

    Wassalam

    BalasHapus
  3. anak kelas 5 dan kelas 6 SD..dinikahkan...di zaman serba internetan..masih ada hal yang begituan...astaghfirullah....., mungkin inilah salag satu alasan mengapa kelas inspirasi itu diperlukan...
    keep happy blogging always...salam dari makassar - banjarbaru :-)

    BalasHapus
  4. Kereeeen Nov... kapan2 temu blogger ke Bandung ya.. dirunggu loh

    BalasHapus
  5. Kereeeen Nov... kapan2 temu blogger ke Bandung ya.. dirunggu loh

    BalasHapus
  6. Berbagi itu malah menambah semangat bagi kita hehehe

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung di Blog novawijaya.com jangan lupa meninggalkan jejak kamu disini ya :) Happy Blogging

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Community

Blogger Bojonegoro

Member Of

Emak2 Blogger