Jalan-jalan ke Goa Akbar

12.27.00

Goa Akbar

Assalamu’alaikum.

Beberapa waktu lalu saya dan teman-teman menyempatkan diri untuk refreshing sejenak, menghilangkan penat di tengah padatnya kegiatan kami. Setelah bergelut dengan persiapan untuk menyelenggarakan sebuah event besar yang sungguh menguras tenaga dan otak..sepertinya kami sangat butuh refreshing untuk menyejukkan mata dan membangkitkan semangat kami kembali sebelum mempersiapkan event besar selanjutnya.

Ya, saya dan teman-teman relawan TIK Bojonegoro mempunyai program TIK ( Teknologi Informasi Komunikasi ) untuk pendidikan selama setahun. Salah satu rangkaian acarannya adalah dengan launching di Seminar Internet Sehat 14 februari 2016 lalu. Setelah suksesnya acara tersebut, kami memutuskan untuk jalan-jalan ke kota Tuban.

Keluarga Relawan TIK Bojonegoro
Tujuan wisata kami jatuh ke Goa Akbar, Pantai Remen, dan Pantai Boom di sana. Ini kali pertamanya saya menginjakkan kaki di Goa Akbar yang berdekatan dengan makam sunan Bonang tersebut. Konon katanya, nama akbar di ambil  dari ucapan pertama kali sunan Bonang ketika pertama kali menginjakkan kaki di goa tersebut. Sunan Bonang sangat terpesona dan reflek menyebut “Allahuakbar” dari situlah goa ini di namakan Goa Akbar.

Akan tetapi, ada pula yang bilang nama goa akbar di ambil dari nama pohon yang tumbuh di sekitaran goa tersebut pada zaman dahulu. Masyarakat menyebut pohon tersebut dengan nama Ngabar ( Abar ) dalam bahasa Jawa. Entahlah mana yang benar, yang pasti tentunnya goa ini penuh dengan sejarah pada zaman dahulu.

Tiket untuk memasuki Goa ini juga cukup murah, hanya dengan 5000 kita bisa sepuasnya menjelajahi isi dari goa ini. Saya anjurkan menggunakan alas kaki yang tidak licin ketika memasuki area goa tersebut, karena di dalam sana cukup gelap dan licin. Saya juga salah menggunakan sandal yang alasnya tidak sesuai, alhasil saya tidak menikmati isi dari goa tersebut karena harus sangat berhati-hati dan berpegangan supaya tidak jatuh.

Di dalam goa, banyak sekali prasasti-prasasti jaman dahulu dan beberapa pertapaan. Banyak juga stalaktit dan stalagmite di dalam goa yang bisa kita nikmati, jangan dibawa pulang ya tapi gaes hehe takutnya ada apa-apa nanti, yaaa buat jaga-jaga aja sih.

Bagi orang yang mudah jijik juga harus mempersiapkan diri, karena di dalam banyak sekali kotoran kelelawar dan bau pesing dari kotoran-kotoran kelelawar tersebut. Tak jarang di tempat pegangan kita juga ada kotoran-kotoran kelelawar yang menempel dan belum sempat di bersihkan. Jadi, lebih hati-hati aja waktu menjelajah di dalam sana.

Di dalam Goa
 Di dalam Goa Akbar tersebut ada sebuah celah yang kalau kita beruntung sampai sana pas matahari masih bersinar, sinarnya akan memasuki goa tersebut dan akan menghasilkan gambar / foto yang menakjubkan. Ada sisi gelap dan terang di dalam sana.

Goa Akbar ini Memiliki nilai bersejarah yang tinggi dan mempunyai daya tarik spiritual. Lokasi goa ini juga mudah di cari, terletak di selatan kota Tuban, sekitar 10-15 menit dari alun-alun kota Tuban. Bagaimanapun goa ini merupakan lokasi bersejarah peninggalan masa lalu yang patut kita jaga dan patut kita datangi.

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke Goa akbar? Lokasinya cukup strategis dan mudah di cari kog gaes, apalagi banyak ilmu sejarah yang bisa kita dapatkan ketika berkunjung di dalam sana. Setidaknya kita bisa lebih menghargai jasa para pejuang tempo dulu sebelum kemerdekaan. Tempat wisata ini cukup murah dan cukup banyak nilai keindahan yang bisa kita dapatkan ketika berkunjung ke sana. 

OOTD Dulu gaes

Happy Holiday

All Photo takend by : Uddinart.com

You Might Also Like

4 komentar

  1. nah...saat dijelaskan bahwa Goa AKbar ini berada di dekat dengan makam Sunan Bonang saya langsung konek...ooo...jadi goa yang dekat situ namanya goa akbar to

    BalasHapus
  2. Dulu pernah denger sekilas tentang Goa Akbar ini, katanya sih bagus banget :)

    BalasHapus
  3. kayaknya pengap di dalam ya mbak..

    BalasHapus
  4. di tempat saya gak ada goa mbak, saya pun gak pernah masuk goa, kayaknya misterius gitu kesannya, jadi pengen ikutan..

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung di Blog novawijaya.com jangan lupa meninggalkan jejak kamu disini ya :) Happy Blogging

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Community

Blogger Bojonegoro

Member Of

Emak2 Blogger