6 Kecantikan yang Tersembunyi di Kota Blitar

12.36.00

Sebagai Kabupaten terkecil kedua dari Provinsi Jawa Timur, Kota Blitar memiliki banyak tempat-tempat cantik yang bisa dijadikan tempat wisata. Blitar sekarang sudah banyak dikunjungi wisatawan karena untuk memesan hotel di Blitar saat ini sudah sangat mudah dengan menggunakan aplikasi Traveloka. Beberapa tempat wisata memang belum diangkat sebagai obyek wisata yang diperkenalkan secara terang-terangan, namun banyak juga obyek wisata yang sudah dikenal masyarakat bahkan pendatang dari luar kota.

Obyek Wisata Kedung Entong

Lokasi wisata Kedung Entong berada di Desa Pulerejo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Masyarakat setempat sudah banyak yang mengetahui keberadaan Obyek wisata Kedung Entong. 
Wisata alam ini adalah masuk dalam wisata yang baru diperkenalkan oleh masyarakat setempat, meskipun mereka sudah lama mengetahuinya namun para wisatawan dari daerah lain belum banyak yang mengetahuinya karena mengingat letaknya yang cukup tersembunyi.


Sumber Gambar : Phinemo.com

Obyek Wisata Candi Penataran

Candi Penataran yang letaknya berada di lereng barat daya dari Gunung Kelud ini sudah berdiri sejak jaman dulu yaitu saat kerajaan Kediri, dan candi yang merupakan ikon kota Blitar ini  memberikan jejak sejarah kepada kita generasi di masa sekarang. Candi yang memiliki latar belakang Hindu ini mulai banyak dikunjungi generasi muda di kota blitar. 

Di daerah Jawa timur, kawasan dimana Candi Penataran berada merupakan kawasan candi yang terbesar. Menurut kepercayaan dan dan keyakinan masyarakat setempat tentang legenda dari Candi Penataran ini adalah bahwa di tempat Candi ini berdiri, Merupakan tempat Patih Gajah Mada mengikrarkan Sumpah Palapa untuk menyatukan seluruh Nusantara menjadi satu di bawah naungan kerajaan Majapahit.

Mulai dari kerajaan Kediri, kemudian Singasari dan sampai kerajaan Majapahit, tiga kerajaan besar ini telah mencetak sejarah di Candi penataran ini, bahkan raja-raja terdahulu banyak yang diangkat di tempat ini. Selain itu Candi Penataran ini juga digunakan masyarakat pada jaman dulu sebagai tempat untuk memuja Sang Pencipta.


Sumber Gambar : Telusurindonesia.com

Obyek Wisata Petilasan Rambut Monte

Sekitar 30 km dari kota Blitar, terdapat sebuah obyek wisata yang bernama Petilasan Rambut tepatnya di Desa Krisik yang merupakan bagian dari Kecamatan Gandusari. Bagi anda yang ingin menyaksikan panorama yang indah, hijau dan menyegarkan mata maka tempat wisata ini menjadi tujuan yang seharusnya anda kunjungi.

Ladang sawah milik masyarakat sekitar dan juga perkebunan teh membuat anda akan merasa nyaman dengan pemandangan yang hijau menyejukkan mata. Selain panorama keindahan yang disuguhkan oleh tempat wisata ini, anda bisa menemukan sebuah candi dan petilasan yang sering digunakan untuk bersemedi bagi sebagian orang. Di dekat candi dan petilasan anda bisa menikmati suasana yang santai dengan duduk di tepian telaga yang airnya sangat terlihat bening. Namun sungguh disayangkan karena siapapun takkan diijinkan berenang di telaga tersebut, karena di dalam telaga terdapat ikan yang di percaya masyarakat setempat sebagai Ikan Dewa.   


Sumber Gambar : Telusurindonesia.com

Obyek Wisata Air Terjun Grenjeng

Belum banyak wisatawan yang mengetahui letak air terjun ini, selain karena letaknya yang tersembunyi, tempat wisata ini belum diperkenalkan secara resmi kepada pendatang dan belum ada pengembangan yang memajukan kawasan wisata ini.

Obyek wisata ini tepatnya berada di Desa Balerejo, yang merupakan bagian dari Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Anda akan disajikan pemandangan yang menyejukkan mata dan membuat anda metrasa fresh sehingga melupakan kepenatan sehari-hari.


 Sumber Gambar : Ngadem.com

Obyek Wisata Pantai Umbul Waru

Banyak wisatawan yang sudah mengatahui ada beberapa tempat wisata pantai yang memiliki air terjun, seperti di Yogyakarta, Malang dan juga pacitan. Ternyata di Blitar pun terdapat pantai yang memiliki air terjun, yaitu Pantai yang dikenal dengan nama Pantai Umbul waru.

Pantai yang letaknya di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar ini termasuk pantai yang tidak terlalu lebar. Dibandingkan dengan pantai-pantai yang ada di Blitar maka pantai Umbul Waru ini termasuk pantai yang paling kecil.

Pantai Umbul Waru ini memiliki tebing-tebing yang cukup menarik dan cantik untuk dilihat. Dari atas tebing ini anda bisa menyaksikan pemandangan laut yang luas dengan ombak yang cukup tinggi. Anda juga bisa menyaksikan burung-burung yang bermain dengan ombak diatas permukaan air. Sayangnya dipantai ini anda tak diperbolehkan untuk berenang karena ombak yang terlalu besar sehingga berbahaya bagi keselamatan anda.


Sumber Gambar : http://manusialembah.blogspot.co.id

Obyek Wisata Curug Moncar

Curug Moncar ini belum terlalu dikenal wisatawan ataupun pendatang dari luar kota, namun sudah banyak masyarakat setempat yang sudah mengetahui keberadaan tempat wisata ini. Keindahan panorama sepanjang perjalanan menuju kesana membuat anda merasa rileks dan bisa bersantai.

Bila anda berada dekat bebatuan di sekitar curug, maka anda bisa melihat di bawah bebatuan banyak terdapat ikan-ikan berkumpul, yaitu ikan pemanjat yang senang bersembunyi di bawah bebatuan bila ada orang yang mendekat. Sebenarnya ikan pemanjat ini tahan hidup di darat untuk beberapa saat sekitar beberapa menit. Tapi sangat sulit untuk dapat melihatnya saat berada di darat karena ikan-ikan tersebut selalu berusaha menghindari manusia. Selain ikan pemanjat, terdapat juga jenis kepiting yang juga hidup di bebatuan yaitu kepiting kecil. Kedua jenis hewan tersebut merupakan hewan yang menjadi khas daerah setempat sehingga termasuk dalam golongan hewan endemic.


 Sumber Gambar : Ngadem.com

Beberapa obyek wisata yang dijelaskan diatas merupakan obyek wisata yang belum banyak dikenal oleh wisatawan, namun keindahan dan keunikan masing-masing tempat wisata sudah cukup pantas untuk dijadikan salah satu tujuan wisata anda. Bila anda ingin merencanakan berlibur, cobalah datang ke kota Blitar dan mengunjungi beberapa tempat wisata yang cantik namun tersembunyi ini.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Blitar punya pantai toh? :D Baru tahu

    BalasHapus
  2. wah makin suka ama novawijaya,com boleh ndak ini ya hehe... Blitar emang kece" mbak Nova masih banyak loh yg adem" juga....

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung di Blog novawijaya.com jangan lupa meninggalkan jejak kamu disini ya :) Happy Blogging

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Community

Blogger Bojonegoro

Member Of

Emak2 Blogger