CanDoRi : Semarak Festival TIK 2016 di Jogja

13.43.00

Helloooo Jogjaaaaa.....

Akhirnya setelah 3 tahun tidak mengunjungi kota ini, kali ini bisa menginjakkan kaki di kota penuh kenangan ini lagi dengan suasana yang berbeda. Kalau 3 tahun lalu saya mengunjungi kota ini untuk mengikuti rangkaian acara Kopdar 1000 Blogger Nusantara, kali ini saya datang kesini untuk menghadiri Festival TIK 2016 dan musyawarah Nasional Relawan TIK Indonesia.

Festival TIK 2016 CanDoRi
Festival TIK ( Festik ) tahun ini disebut sebagai CanDori atau bisa di baca Kenduri yang artinya sebuah hajatan atau sebuah Selamatan yang telah menjadi tradisi orang Jawa setiap memperingati peristiwa tertentu atau bisa juga digunakan untuk meminta berkah.

Sedangkan tema untuk festik kali ini adalah "Hamemayu Hayuning Bawana TIK", yang berarti Mengayomi Keselamatan Dunia TIK. Tujuannya adalah untuk membangun masyarakat cerdas Indonesia, menginspirasi dan mendorong masyarakat agar memaksimalkan pemanfaatan TIK dalam kegiatan sosial, dan ekonominya, selain memperoleh informasi tentang perkembangan dunia TIK.

Acara Festik kali ini bertempat di Grhatama Pustaka, Jl. Raya Janti, Gendong Kuning, Bantul, D.I. Yogyakarta. Menghadirkan 50 Narasumber, 7 Seminar, dan 28 Workshop TIK untuk menyemarakkan rangkaian acara Festival TIK 2016. 

Workshop PANDI
Acara ini juga sebagai ajang pertemuan seluruh relawan TIK Indonesia yang diadakan setiap tahun sekali. Tahun ini, agaknya menjadi berbeda karena dibarengi dengan Musyawarah Nasional ( Munas ) untuk pemilihan ketua umum baru Relawan TIK Indonesia.

Tak kalah semarak, stand-stand pameran juga turut memeriahkan acara festik 2016 kali ini. Para peserta juga mendapatkan E-Money gratis untuk membeli makanan dan minuman yang ada di stand pameran Festik 2016.
E-Money
Acara ini semakin meriah dengan adanya panggung hiburan rakyat yang digelar pada malam hari. Berbagai band hiburan tampil untuk menghibur masyarakat, tak mau kalah, beberapa peserta festik 2016 juga ikut tampil menunjukkan berbagai bakat mereka di panggung hiburan utama.

Panggung Hiburan Festik 2016
Malam tadi juga diadakan Musyawarah Wilayah ( Muswil ) Relawan TIK Jawa Timur, dan terpilihlah Novianto Puji Raharjo ( Gus Novi ) sebagai ketua Relawan TIK Jawa Timur yang baru, serta beberapa nama pengurus lain yang akan menentukan langkah kegiatan RTIK Jatim periode berikutnya.

Musyawarah RTIK Jawa Timur
Acara ini merupakan program tahunan Direktorat Pemberdayaan Informatika, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo untuk memfasilitasi para pegiat relawan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan para stakeholder lainnya untuk saling berkolaborasi, bekerjasama, dan bersinergi dalam pemberdayaan informatika di masyarakat.

Sayang sekali pada Festival TIK 2016 kali ini tidak di hadiri dan dibuka langsung oleh Rudiantara, menteri Menkominfo, akan tetapi diwakili oleh Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Teknologi, Woro Indah Widiastuti. Sementara itu, Acara ini dibuka langsung oleh Direktur Pemberdayaan Informatika Septiana Tangkary. 

Pembukaan Festival TIK 2016
Ini merupakan Festival TIK yang ke 5, setelah sukses menyelenggarakan festival TIK di daerah Surabaya, Jawa Barat, Manado, dan Bandung pada tahun sebelumnya. Saya berharap, Festik selanjutnya bisa semakin meriah dari tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya. Tentunya, bisa bertemu lebih banyak lagi teman-teman RTIK dari  seluruh Indonesia, karena tahun ini kebetulan banyak yang tidak dapat hadir.

Saya sendiri, hadir bersama rombongan Relawan TIK Bojonegoro yang berjumlah 17 orang, betapa bangganya kami menjadi anggota Relawan TIK dan kami juga sangat antusias menyambut acara ini, terbukti dari persiapan kami menghadiri acara yang sudah kami persiapkan 2 bulan sebelumnya. 

Rombongan Relawan TIK Bojonegoro
Festival TIK 2016 ini di sponsori oleh Kominfo, Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kantor Staf Kepresidenan, Pemda Yogyakarta, Dinas Kominfo Yogyakarta, INCAKAP, API, Relawan TIK, Yogya Medianet, Telkom, Telkomsel, qwords.com, Bank Mandiri, Yogya ICT Forum, dan APJII.

Salam sukses untuk teman-teman, terima kasih untuk panitia dan tuan rumah yang sudah menyambut kami dengan luar biasa. Sampai bertemu di event Relawan TIK selanjutnya. Semoga Relawan TIK semakin banyak berkarya memberdayakan TIK untuk masyarakat.

Berikut video keseruan Festival TIK karya Awan :



Credit Foto By : Babeh Helmi

#BanggaJadiRelawanTIK

You Might Also Like

11 komentar

  1. Ternyata candori itu sama dengan kenduri ya..he he he..
    Baca dari ulasannya Mbak Nova, jadi kebayang serunya acara di Jogja kemaren ...

    BalasHapus
  2. Ya ampun, Blogger Nusantara gmn kabarnya ya skrg...eh malah nanya yang itu :)

    BalasHapus
  3. halo, nova... baru main lagi ke sini :)

    BalasHapus
  4. Ngeliat postingan temen tentang festival tik, ga ngerti itu event ap, kirain batik. Ternyata.. hehe

    BalasHapus
  5. Hihi... jd inget kloaku jg gabung jd relawan TIK di Serang. Hloh tp jrg ada kegiatan. Dih payah akumah

    BalasHapus
  6. Aku dari tadi nyari singkatan TIK itu apa, ternyata emang seperti yg kukira, jadi inget mata pelajaran SMA, :D

    Bojonegoro keren euy

    BalasHapus
  7. Aku dari tadi nyari singkatan TIK itu apa, ternyata emang seperti yg kukira, jadi inget mata pelajaran SMA, :D

    Bojonegoro keren euy

    BalasHapus
  8. Festival TIK selalu seruu dan punya kenangan tersendiri.
    Aku masih lelah FesTIK sing di Bandung

    Salam Relawan buat Manteman Bojonegoro yaa

    BalasHapus
  9. Asik nih supaya makin melek IT. Aku cuma ikutin di IG feednya.

    BalasHapus
  10. Kayaknya jadi relawan TIK gitu seru ya sesuai dengan passion saya dibidang TIK hehe

    BalasHapus
  11. Bisa kumpul dengan sesama relawan TIK se nusantara asyik banget ya mbak..

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung di Blog novawijaya.com jangan lupa meninggalkan jejak kamu disini ya :) Happy Blogging

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *

Community

Blogger Bojonegoro

Member Of

Emak2 Blogger