Ayo Mudik Lewat udara, Mudik Nyaman Selamanya

06.00.00


Hai Sobat Aviasi, ga terasa ya sebentar lagi lebaran. Sobat Aviasi sudah punya rencana mudik kemana nih? Hmm pastinya yang anak rantau bakal seneng banget nih bisa kumpul bareng keluarga besar lebaran nanti.

Sobat Aviasi biasanya suka mudik pakai kendaraan apa nih? 

Bagi sobat aviasi yang suka mudik lewat udara, aku ada beberapa tips yang bisa sobat aviasi ingat sebelum melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman nih. Kira-kira apa saja ya sobat aviasi?

1. Packing Barang seperlunya saja



Sobat aviasi pasti kebingungan ingin membawa apa saja ketika mudik nanti. Mungkin sampai ada yang membawa tas-tas dengan jumlah banyak hanya untuk mengangkut barang-barang dari rantau ke kampung halaman. 

Sebenarnya itu tidak perlu sobat aviasi, karena kamu akan sangat ribet pulang-perginya nanti. Jadi, bawa saja beberapa potong baju yang menurut sobat aviasi lebih bagus dari yang lainnya, dan bawa satu sampai dua potong baju santai. Itu akan sangat menghemat tempat di tas/koper sobat aviasi. Bawa juga keperluan lainnya seperlunya saja, jangan isi satu kamar dibawa semua.

Tips Packing Dari @DJPU151

2. Pilihlah Tas/Koper dengan Warna yang Mencolok

Nah, kalau yang ini untuk meminimalisir kekeliruan tas/koper dari sobat aviasi semua. Usahakan memilih tas/koper dengan warna yang mencolok supaya gampang dilihat mata kalau itu adalah tas/koper dari sobat aviasi. Jadi, sobat aviasi tidak perlu repot-repot mencocokkan nomor bagasi karena bentuk tas/koper sobat aviasi banyak yang menyamai.

3. Beli Tiket Jauh-Jauh Hari

Sumber : @DJPU151

Sobat aviasi, menjelang mudik, pasti banyak sekali yang mencari tiket untuk pulang ke kampung halaman. Untuk menghindari kehabisan tiket, sobat aviasi bisa jauh-jauh hari membeli tiket untuk pulang ke kampung halaman. Supaya hati sobat aviasi juga menjadi tenang, nggak was-was...takut kehabisan tiket.

4.  Ingat panduan 3-2-1 ini sebelum mudik lewat udara 

Sumber : @DJPU151
  • 3 Jam sebelum penerbangan : Usahakan telah sampai di bandara & siap untuk melakukan pemeriksaan barang bawaan.
  • 2 Jam sebelum penerbangan : Lakukan check-in di counter check-in, atau kamu dapat melakukannya menggunakan fasilitas check-in online yang dimiliki oleh masing-masing maskapai penerbangan.
  • 1 Jam sebelum penerbangan : Pastikan kamu sudah sampai di waiting room & gate yang sesuai dengan penerbangan kamu.
saat melakukan perjalanan penerbangan, biasakan untuk tiba di bandara lebih awal. Untuk diketahui, batas waktu penutupan loket check-in di bandara adalah 30 menit sebelum waktu keberangkatan pesawat udara,

Aturan batas waktu check-in telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 185 Tahun 2015 Pasal 18.

5.  Banyak Berdoa Jangan Sembarangan Bercanda

keselamatan dan keamanan penerbangan akan terwujud jika kita semua ikut menjaganya, tentunya termasuk para penumpang sebagai pengguna jasa angkutan udara.

Bercanda jangan keterlaluan ya, apalagi sampai tentang bom. Itu sangat tidak diperbolehkan. Bagi mereka yang terbukti sengaja melakukan itu, maka akan diambil tindakan serius. Bahkan, pelaku dapat dikenai pasal pidana dengan hukuman penjara paling lama satu tahun.

Hal ini telah diatur dalam UU No. 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, Pasal 437.

6. Jaga Kesehatan Jangan sampai sakit

Karena terlalu bersemangat akan pulang kampung biasanya banyak sekali hal yang dilakukan, bahkan mungkin sampai mengabaikan kesehatan. Makan tidak teratur, istirahat kurang, kerja terlalu di forsir, belanja kesana-sini.

Perbanyak minum air putih ya sobat aviasi, kalau perlu minum vitamin juga, supaya tubuh kita tetap sehat sampai lebaran nanti.

Nah, itu saja tips dari aku, selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

3 komentar

  1. Asyiknya mudik lewat jalur udara ya kaka, bisa sampai cepat ke kampung halaman

    BalasHapus
  2. Tipsnya sangat bermanfaat ya kakak, makasih ya

    BalasHapus

Jangan Lupa Comment and Share yah ^.^ Thankq

Pinterest

Blogger Bojonegoro

Member Of

Emak2 Blogger